Sukses

Jurus Ampuh Polres Cirebon Kota Antisipasi Kepadatan di Rest Area

Sejumlah rekayasa lalu lintas sudah disiapkan mengawal kelancaran mudik lebaran di ruas tol Palikanci

Liputan6.com, Cirebon Ratusan ribu kendaraan masih terpantau melintas di ruas tol wilayah Cirebon pada H-3 lebaran 2024. Polisi dan petugas gabungan terus siaga mengantisipasi kepadatan.

Pantauan di lokasi banyak pemudik memilih beristirahat di rest area 207 dan 208 Palikanci wilayah Cirebon. Petugas polisi nampak bersiaga mengatur kelancaran lalu lintas khususnya kendaraan yang akan masuk rest area dan berhenti di bahu jalan. 

"Kami siapkan tim urai untuk mengantisipasi pemudik yang berhenti di bahu jalan dan diimbau agar istirahat di rest area atau keluar di exit tol terdekat," kata Kasatlantas Polres Cirebon Kota AKP Ngadiman, Minggu (7/4/2024).

Ngadiman mengatakan, sejumlah rekayasa lalu lintas sudah disiapkan mengawal kelancaran mudik lebaran di ruas tol. Satlantas Polres Ciko membuat satu lajur untuk kendaraan masuk ke rest area.

Kemudian, polisi juga menyiapkan dua lajur untuk kendaraan yang memilih tetap berada di jalur mudik. Ngadiman mengatakan, apabila rest area penuh, akan di berlakukan sistem buka tutup. 

"Untuk rest area 207 daya tampung kendaraan kecil sampai 800 unit sementara kendaraan besar sampai 200 unit," kata Ngadiman.

Pada Minggu sore tadi, Satlantas Polres Ciko memberlakukan sistem buka tutup di rest area 208. Polisi juga mengerahkan tim urai untuk memberi imbauan hingga mengarahkan pemudik agar tidak berhenti dibahu jalan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jam Padat

Menurutnya, sangat membahayakan apabila pemudik memilih istirahat dan berhenti di bahu jalan sepanjang tol. Kendaraan yang berhenti di bahu jalan berpotensi menimbulkan kecelakaan.

"Kami juga mengimbau agar pemudik diberi waktu 30 menit istirahat di rest area agar bergantian dengan pemudik lain. Apabila lelah dan di rest area penuh petugas kami siap mengawal pemudik sampai keluar pintu tol," katanya. 

Dari hasil pengawalan arus mudik di tol wilayah Polres Ciko, ada waktu tertentu yang mengakibatkan rest area penuh. Yakni saat jam solat dan menjelang buka puasa. 

Pada kesempatan tersebut, Ngadiman mengatakan apabila rest area 207 dan 208 penuh dan pemudik tetap memilih istirahat di ruas tol. Disarankan agar beristirahat di rest area 228 Km 207 wilayah hukum Polresta Cirebon. 

"Namun tetap kami imbau untuk hati-hati berkendara apabila butuh bantuan bisa hubungi petugas yang sedang patroli di lokasi," ujar Ngadiman. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini