Sukses

Ratusan Ribu Mobil Padati Tol Cipali, Polisi Tertibkan Kendaraan Berhenti di Bahu Jalan

Kepadatan muncul akibat beberapa kendaraan yang berhenti di bagian bahu jalan akibat kondisi kendaraan yang tidak sehat

Liputan6.com, Jakarta Ribuan kendaraan terpantau mulai melintas dan memadati ruas tol Cipali. Sementara itu, Polri mulai memberlakukan One Way pada Jumat, 5 April 2024 pukul 21.50 WIB. 

Berdasarkan data yang dihimpun, tercatat 7.735 pukul 06.00 WIB pagi hingga 14.00 WIB siang, kendaraan pemudik mulai melintas di 7 gerbang tol sayap ruas Cipali. Jumlah tersebut diprediksi meningkat 11,89 persen dibandingkan hari sebelumnya Kamis, 4 April 2024. 

"Kami kemarin tercatar 94 ribu untuk hari ini pencatatan masih berjalan namun kami memprediksi ada 105 ribu kendaraan melintas," kata Kepala Divisi Operasi ASTRA Tol Cipali Sri Mulyo, Jumat (5/4/2025) malam di Cirebon.

Sri Mulyo mengatakan, arus lalu lintas arah Cirebon dan Jakarta pada Jumat pagi terpantau ramai lancar. Namun menjelang siang hari, terdapat kepadatan yang muncul di beberapa titik diantara KM 147 hingga KM 164. 

Kepadatan muncul akibat beberapa kendaraan yang berhenti di bagian bahu jalan akibat kondisi kendaraan yang tidak sehat serta terjadinya proses evakuasi laka di KM 164 arah Cirebon. 

"Dari kepadatan itu kami bersama Kepolisian menerapkan sistem rekayasa lalu lintas Contra Flow (CF) di KM 162 sampai 169 sejak pukul 14.25 WIB," kata Sri Mulyo.

Dalam upaya mengawal kelancaran arus mudik lebaran 2024, Cipali menyiapkan 5.000 rubber cone, 600 medium water barrier hingga 28 titik bukaan median atau putar balik.

Fasilitas tersebut, kata Sri, untuk menunjang pelaksanaan rekayasa lalu lintas selama masa arus mudik dan balik lebaran 2024. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tertibkan Pengendara

Sementara itu, Polresta Cirebon dan jajarannya berjibaku menertibkan pengendara yang berhenti di bahu jalan ruas tol Cipali. Kendaraan yang kedapatan berhenti diminta untuk kembali melanjutkan perjalanan dan beristirahat di tempat yang aman. 

"Kami sarankan istirahat di rest area atau diluar tol ke masuk Cirebon," kata Kapolresta Cirebon Kombes Pol Sumarni.

Sumarni menjelaskan, penertiban kendaraan yang berhenti dibahu jalan tol ini tersebut dinilai membahayakan kendaraan lain yang melintas. 

Jajaran Polresta Cirebon langsung melakukan penyisiran menggunakan kendaraan patroli. Sumarni langsung menghampiri kendaraan yang berhenti di bahu jalan dan meminta untuk kembali melanjutkan perjalanan. 

"Kami beri imbauan agar tidak terjadi kecelakaan karena bahu jalan bukan tempat istirahat. Kami arahkan ke rest area atau istirahat di Cirebon," kata Sumarni. 

Selain menertibakan dengan menghampiri kendaraan agar melanjutkan perjalan, petugas kepolisian juga membagikan permen dan makanan ringan agar pengendara tidak mengantuk saat melalukan perjalanan mudiknya. 

Sumarni memastikan, penertiban kendaraan yang nekad berhenti dibahu jalan tol akan terus dilakukan petugas agar tidak terjadi kecelakaan dan kemacetan di ruas jalan tol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini