Sukses

Hati-Hati, Ini 3 Titik Rawan Kecelakaan di Kulon Progo Yogyakarta Saat Mudik Lebaran

Para pemudik yang melintasi Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta diimbau untuk waspada terhadap titik-titik rawan kecelakaan.

Liputan6.com, Kulon Progo - Jelang H-9 Lebaran, jalan-jalan di sejumlah titik di Pulau Jawa sudah mulai dipadati pemudik. Polres Kulon Progo mengimbau para pemudik yang melintas di jalan nasional Purworejo-Jembatan Bantar, untuk mewaspadai titik rawan kecelakaan di Simpang Karangnongko, perlintasan Ngelo dan Ngeplang Sentolo.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Kulon Progo Ajun Komisaris Polisi Johan Rinto Damar Jati, Senin (1/4/2024) mengatakan, berdasarkan hasil pengecekan jalan di wilayah Kulon Progo dalam rangka persiapan mudik Lebaran 2024, tiga titik rawan kecelakaan berada di Simpang Karangnongko, lampu perlintasan Ngelo, dan Ngeplang Sentolo.

"Untuk itu, kami mengimbau kepada pemudik dan pengguna jalan nasional Purworejo-Jembatan Bantar untuk berhati-hati saat berkendara dan mengantisipasi kecelakaan," kata Johan.

Johan juga mengatakan, kondisi jalan nasional di sepanjang wilayah Kulon Progo lurus dan mulus sehingga tingkat kerawanan terjadinya kecelakaan lalu lintas sangat tinggi. Hal ini karena pengguna jalan akan melaju dengan kencang.

"Untuk itu, pengemudi harus berkonsentrasi yang baik," katanya.

Johan mengatakan jajarannya telah memeriksa kondisi jalan nasional, mulai dari Jembatan Bantar sampai perbatasan Kulon Progo-Purworejo di Temon.

Selain jalan nasional juga mengecek kondisi jalan Daendels yang merupakan jalan alternatif, termasuk Jembatan Glagah yang baru beberapa bulan dioperasionalkan.

Pengecekan jalan di wilayah Kulon Progo dalam rangka persiapan Lebaran 2024 dan bertujuan menurunkan angka kecelakaan lalu lintas di Kulon Progo.

"Supaya nantinya para pengguna jalan dapat memanfaatkan fasilitas jalan dengan maksimal dan dapat sampai tujuan dengan selamat tanpa ada gangguan di perjalanan. Apabila terdapat sesuatu hal di jalan yang perlu adanya perbaikan maka masih ada waktu bagi pihak terkait untuk memperbaiki maupun memaksimalkan infrastruktur di jalan raya," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pendirian Pos Pengamanan

Johan mengatakan dalam rangka menciptakan rasa aman bagi pengguna jalan, selain survei sarana dan prasarana jalan, timnya juga melaksanakan pengecekan lokasi yang akan digunakan untuk pembuatan pos pengamanan (pospam).

"Pospam rencana akan didirikan di depan Kantor PJR yang baru," kata dia.

Satlantas Polres Kulon Progo sudah berkoordinasi dengan Dishub DIY dan kabupaten untuk memasang rambu-rambu lalu lintas beserta rekayasa lalu lintas apabila diperlukan

Ia juga mengimbau kepada seluruh pemakai jalan agar senantiasa berhati hati dan mematuhi aturan lalu lintas.

"Selalu jaga konsentrasi saat berkendara, utamakan keselamatan bukan kecepatan. Jika lelah jangan memaksakan diri, usahakan untuk beristirahat sejenak agar konsentrasi terjaga," kata Johan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini