Sukses

Awal Mudik di Jabar 6 April 2024, Begini Persiapan Pengamanannya

rincian dari anggota pengamanan Mudik Lebaran 2024 terdiri dari 16.245 dari polisi dan sisanya dari tentara serta instansi lainnya.

Liputan6.com, Bandung - Sebanyak 27.162 anggota pengamanan siap dikerahkan untuk berjaga saat perjalanan Mudik Lebaran 2024 yang diperkirakan dimulai 6 April 2024.

Menurut Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Machmudin, rincian dari anggota pengamanan Mudik Lebaran 2024 terdiri dari 16.245 dari polisi dan sisanya dari tentara serta instansi lainnya.

"Titik kepadatannya di jalan tol dan juga di Utara. Utara itu mulai Karawang, Cikampek terus sampai Brebes. Dan di Selatan mulai Malangbong, Nagreg dan Tasik," ujar Bey usai Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat Lodaya 2024 Dalam Rangka Persiapan Pelaksanaan Pengamanan Idul Fitri 1445 H di Aula Ditlantas Polda Jabar Kota Bandung, Rabu, 27 Maret 2024.

Bey mengatakan akses jalan tol diyakini telah mumpuni dilewati oleh pemudik. Termasuk soal penerangan jalan.

Tetapi Bey tidak mau gegabah, soal kesiapan infrastruktur jalan tol itu akan dilakukan pengecekan ulang.

"Jalan tol sih aman. Untuk contra flow dan lain sebagainya sudah dilakukan simulasi dan dari pengalaman tahun baru kemarin cukup baik. Jadi kami optimis akan lancar," ucap Bey.

Bey menyebutkan peningkatan jumlah kendaraan secara signifikan dipastikan terjadi pada Mudik Lebaran 2024 dibandingkan masa libur Natal 2023 dan tahun baru lalu.

Soal penerangan jalan arteri juga diakui Bey, telah paripurna untuk dilalui pemudik. Namun, untuk jalan arteri tengah dilakukan percepatan perbaikan sejumlah jalan rusak.

"Jalan-jalan yang dilewati oleh pemudik ada 320 lubang dan itu akan selesai insyaallah dalam 10 hari sebelum lebaran," kata Bey.

Penjagaan juga akan dilakukan di seluruh stasiun, terminal dan pangkalan transportasi umum. Hal itu guna menjaga ketertiban selama masa perjalanan Mudik Lebaran 2024 berlangsung.

Diperkirakan iring-iringan pemudik melintasi jalan raya Jawa Barat pada 6 April 2024 . Sedangkan, perjalanan balik pemudik pada 15 April 2024.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

PT Jasa Marga Mulai Kerahkan Unit Pembaca Kartu

Sebelumnya, PT Jasa Marga Area Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) mengerahkan unit pembaca kartu pembayaran (mobile reader) tambahan di seluruh pintu keluar jalan tol, terutama seperti di Tol Cileunyi dan Kalitama 2.

Menurut Manager Area Tol Purbaleunyi PT Jasa Marga, Agus Pramono, pengerahan unit mobile reader kartu pembayaran jalan tol (Tax on Location) ini guna mempercepat proses pembayaran menjelang masa mudik Lebaran 2024.

"Ada beberapa cara bertindak terkait dengan rekayasa lalin (lalu lintas) salah satunya adalah kanalisasi di Simpang Susun Pasteur. Yaitu orang yang dari Pasteur atau Cileunyi agak dipisahkan dengan kanalisasi supaya tidak ada crossing. Kemudian kita juga menyiapkan Top Up dan mobile reader di gerbang-gerbang terutama di Cileunyi dan Kalitama 2, sehingga saat transaksi itu lebih cepat," ujar Agus, Bandung, Rabu, 20 Maret 2024.

Agus mengaku untuk rekayasa lalu lintas secara menyeluruh untuk masa mudik Lebaran 2024 masih menunggu keputusan secara nasional dari Kakorlantas Polri.

Tetapi kata Agus, berdasarkan data Lebaran 2023 lalu terdapat ruas jalan tol yang mendapatkan perhatian lebih untuk diterapkan rekayasa lalu lintas di tahun ini.

"Mungkin diperbaharui lagi yang jelas kalau di Purbaleunyi ada beberapa titik yang rencana akan contra flow (lawan arah). Itu pun nanti menunggu situasi dan kondisi diskresi dari kepolisian," kata Agus.

Agus menuturkan terdapat tiga pintu tol yang ramai dilalui pada masa mudik lebaran antara lain Kalitama 1 arah Bandung, Pasteur 2 arah Bandung dan CIleunyi.

Untuk pintu tol Cileunyi sebut Agus, terdapat pintu tol yang langsung terhubung dengan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

"Sehingga memudahkan orang ke Cirebon sekitarnya. Itu semuanya melalui Cisuwundawu," ucap Agus.

Penambahan petugas pintu tol juga dilakukan oleh otoritasnya. Sebanyak 60 petugas pelayanan tambahan pintu tol dikerahkan untuk melayani transaksi.

Ditambah dengan beberapa petugas lalu lintas agar mengatur lajur kendaraan dan transaksi agar tidak terjadi antrian.

"Pemeliharaan jalan juga akan dilakukan hingga 20 Maret. Saya memohon maaf kepada pengguna jalan yang melewati Bandung agak sedikit terganggu. Tapi diusahakan masih dapat dengan lancar dilalui," ucap Agus.

Agus mengaku setiap tahun jumlah pemudik lebaran terus mengalami peningkatan. Sehingga perawatan ruas jalan tol sangat diperlukan secara bertahap. 

 

3 dari 4 halaman

Tiket Mudik Kereta Bandung Sudah Terjual

Sementara, Sebanyak 165.000 tiket atau 45 persen dari total tiket kereta api menegah dan kereta api jarak jauh (KAJJ) yang disediakan sebanyak 365.692 tiket mudik Lebaran 2024 periode 31 Maret-21 April (H-10 sampai H+10) telah terjual.

Menurut Manager Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (PT KAI Daop) 2 Bandung, Ayep Hanapi, jumlah tiket yang terjual itu merupakan pantauan data pada Senin (25/3) pukul 08.00 WIB.

"Angka ini akan terus bertambah karena penjualan masih terus berlangsung. Dari data tersebut masih banyak tiket yang tersedia dan dapat dibeli masyarakat pada periode Lebaran ini," ujar Ayep, Bandung, Senin, 25 Maret 2024.

Ayep memprediksikan puncak arus mudik berdasarkan penjualan tertinggi hingga saat ini yaitu terjadi pada tanggal 7 April 2024 atau H-3 Lebaran dengan total tiket terjual sebanyak 11.349 tiket.

KA Jarak Jauh favorit sejauh ini untuk periode Angkutan Lebaran di wilayah PT KAI Daop 2 yaitu KA Kutojaya Selatan Relasi Kiaracondong-Kutoarjo.

"Sementara itu untuk KA Lodaya relasi Bandung - Solo Balapan, KA Malabar relasi Bandung-Malang, KA Argo Wilis relasi Bandung-Surabaya Gubeng, KA Turangga relasi Bandung-Surabaya Gubeng, Mutiara Selatan relasi Bandung-Surabaya Gubeng tanggal 5-9 April 2024 tiket sudah habis," tutur Ayep.

Sedangkan, KA Kahuripan relasi Kiaracondong-Blitar tanggal 28 Maret-20 April 2024 dan KA Kutojaya relasi Kiaracondong-Kutoarjo tanggal 2-13 April sudah habis.

"Jika tiket yang diinginkan telah terjual habis, pelanggan memiliki opsi untuk memilih tanggal alternatif atau menggunakan fitur Connecting Train pada aplikasi Access by KAI. Fitur ini akan membantu memberikan pilihan perjalanan dengan menggabungkan jadwal kereta yang tersedia secara bersambung," terang Ayep.

 

4 dari 4 halaman

Jumlah Pemudik 2024 Meningkat

Dicuplik dari kanal Peristiwa, Liputan6.com, Jumlah pemudik pada Lebaran tahun 2024 diprediksi lebih banyak dibandingkan tahun 2023,. Untuk itu, Kementerian Perhubungan tengah mempersiapkan infrastruktur agar mudik berjalan dengan baik.

"Kementerian Perhubungan sedang bersiap melakukan koordinasi lintas sektoral terkait persiapan infrastruktur maupun transportasi saat mudik dalam momen Lebaran 2024," kata Budi Karya di Magelang, Jawa Tengah, Selasa 27 Februari 2024.

Berdasarkan survei sementara yang dilakukan Korps Lalu Lintas Polri, jumlah pemudik Lebaran tahun ini diperkirakan mencapai 200 juta orang.

Jumlah tersebut lebih tinggi enam persen dibanding jumlah pemudik Lebaran pada tahun sebelumnya sebanyak 187 juta orang.

Menhub menyebutkan Presiden Joko Widodo (Jokowi), saat memimpin sidang kabinet paripurna dengan agenda persiapan Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah, meminta Kemenhub melakukan koordinasi lintas sektoral.

Menurut dia, pihaknya mempersiapkan koordinasi dengan pemda, polisi, BUMN, dan (Kementerian) PUPR agar bisa menjalankan (proses mudik) sama baiknya dengan tahun lalu.

"Setiap tahun kami selalu siapkan dan ini adalah event tahunan," katanya yang dilansir dari Antara.

Ia menuturkan memasuki bulan Ramadhan dan di bulan April 2024 akan merayakan Idul Fitri, sehingga seluruh kementerian dan lembaga yang terkait agar waspada dan memastikan masyarakat untuk dapat beribadah dengan khusyuk.

BUMN Gelar Mudik Gratis 2024

Menteri BUMN Erick Thohir memastikan program mudik gratis BUMN akan dijalankan lagi pada momen Idul Fitri atau Lebaran 2024 ini. Bahkan, jumlah kuota mudik gratis yang disediakan lebih banyak dari sebelumnya.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, program itu sudah direncanakan. Kali ini, pihaknya menyiapkan kuota untuk 80.000 orang, lebih tinggi sekitar 15.000 dari mudik gratis tahun lalu.

"Mudik gratis ada, kuotanya kita tambah lah. Kuotanya 80.000," ujar Arya di Jakarta, ditulis Kamis (22/2/2024).

Arya mengatakan, mudik gratis BUMN ini berlaku untuk hampir semua moda transportasi. Mulai dari transportasi darat menggunakan bus, kereta api, hingga kapal laut. Sementara itu, tidak ada mudik gratis untuk angkutan pesawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.