Sukses

Mengenal Kuliner Legendaris Sop Empal Bu Haryoko

Sop Empal merupakan menu makanan khas Indonesia yang mempunyai rasa gurih dengan rempah yang khas. Salah satu tempat makan sop empal yang terkenal adalah kedai Sop Empal Bu Haryoko.

Liputan6.com, Bandung - Indonesia memiliki beragam jenis kuliner nikmat yang menggugah selera karena bumbunya yang menggunakan rempah-rempah khas. Di antara banyaknya kuliner tersebut yang wajib untuk dicoba adalah menu makanan Sop Empal.

Melansir dari situs Budaya Indonesia, Sop Empal dikenal sebagai menu makanan khas daerah Muntilan, Jawa Tengah. Meskipun namanya “Sop Empal” namun sajian makanan ini tidak berisi empal.

Diketahui sop dalam makanan ini diartikan sebagai kuah untuk empal yang dihidangkan secara terpisah. Makanan ini disebut sebagai makanan sederhana namun mempunyai rasa yang nikmat.

Sop empal biasanya diisi dengan beberapa ornamen mulai dari bihun, wortel, dan kol. Kemudian makanannya sering disajikan bersamaan dengan nasi dan sajian empal yang nikmat.

Tempat makan sop empal yang paling populer adalah Sop Empal Bu Haryoko di Magelang. Diketahui tempat makan ini menjadi kuliner legendaris karena sudah berdiri sejak tahun 1970-an dan menjadi makanan yang wajib dicoba oleh pecinta kuliner.

Sop Empal Bu Haryoko terkenal karena cita rasanya yang khas dan terkenal di antara artis Indonesia. Kedai Sop Empal Bu Haryoko pun mempunyai tampilan yang sederhana dan identik dengan dindingnya yang berwarna hijau.

Di dalam kedainya terdapat deretan meja panjang yang dilengkapi dengan kursi kayu atau kursi plastik seperti warung makan pada umumnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sejarah Sop Empal Bu Haryoko

Berdasarkan informasi dari beberapa sumber tempat makan Sop Empal Bu Haryoko memiliki sejarah yang cukup panjang. Diketahui kedai makanan ini awalnya berlokasi di depan Klenteng Hok An Kiong Muntilan.

Pada era generasi kedua di tahun 1970 warung ini pun pindah ke sisi barat Klenteng dan bisnisnya konsisten berjalan. Menggunakan resep turun secara turun-temurun rasa Sop Empal Bu Haryoko disebut tetap sama dan menggugah selera.

Kedai makanan ini masih menyajikan menu yang sama sejak pertama kali buka yaitu sop yang berisi bihun dan kol. Kemudian olahan empal, paru, dan sambal khas resep milik Sop Empal Bu Haryoko.

Tempat makan ini menjadi kedai legendaris yang sudah dicicipi oleh sejumlah orang penting dan populer. Misalnya, Sultan Yogyakarta dan dikunjungi artis Enzy Storia, Yuki Kato, dan Vidi Aldiano.

3 dari 3 halaman

Lokasi Sop Empal Bu Haryoko

Sop Empal Bu Haryoko berlokasi di Jl. Veteran No.9, Sayangan, Muntilan, Kec. Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Melansir dari ulasan Google kedai makanan ini meraih rating 4.6 dari total 2.492 ulasan pengguna.

Sop Empal Bu Haryoko mempunyai menu makanan dengan harga mulai dari Rp25.000 hingga Rp50.000. Sejumlah pengunjung menilai tempat makan ini merupakan tempat kuliner legendaris dengan rasa yang nikmat.

Empalnya yang empuk dengan kuah sop yang gurih menjadikan kedai makanan ini selalu ramai pengunjung. Diketahui Sop Empal Bu Haryoko buka setiap hari pukul 06.00 hingga 15.00 WIB dan bisa tutup lebih awal jika menu utama daging dan jeroannya habis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.