Sukses

Bisa Irit, Ini Tips Hemat Selama Ramadan

Berhemat saat Ramadan juga bisa menjadi langkah sederhana untuk menjaga keuangan tetap stabil hingga Lebaran.

Liputan6.com, Yogyakarta - Selama Ramadan, banyak pengeluaran tak menentu untuk berbelanja makanan, perabotan, atau sekadar untuk menghadiri acara buka bersama. Hal tersebut tak bisa dihindari, tetapi ada beberapa tips sederhana agar tetap hemat selama Ramadan.

Berhemat saat Ramadan juga bisa menjadi langkah sederhana untuk menjaga keuangan tetap stabil hingga Lebaran. Pasalnya, banyak keperluan tak terduga yang bisa saja muncul menjelang Lebaran.

Berikut tips hemat Ramadan:

1. Selektif saat berbelanja makanan

Selama bulan Ramadan, beberapa harga bahan makanan melonjak. Untuk itu penting untuk selektif memilih bahan makanan pokok sahur dan berbuka.

Selama kebutuhan makanan terpenuhi dengan baik, sebaiknya tak perlu membeli makanan tambahan. Dengan tips ini, kamu tetap bisa berbelanja dengan lebih hemat.

2. Manfaatkan diskon

Meski harga-harga naik, tetapi beberapa penjual juga memberikan diskon khusus selama Ramadan. Tak hanya makanan, diskon juga berlaku untuk kebutuhan lainnya.

Rajin-rajinlah mengunjungi e-commerce marketplace untuk menggali informasi terkait potongan harga. Jangan lupa untuk membandingkan harga beberapa toko agar dapat memperoleh harga termudah dengan diskon.

3. Menabung

Selama Ramadan sebaiknya tetap menabung atau menyisihkan sebagian pendapatan. Tabungan berjangka dengan perlindungan jiwa adalah pilihan tepat.

4. Tidak membeli baju lebaran

Jika memang tidak diperlukan, tidak ada salahnya untuk absen membeli baju Lebaran. Tips ini akan sangat menghemat pengeluaran selama Ramadan.

Jika masih memiliki baju layak pakai, kamu bisa mix & match baju tersebut agar mendapatkan tampilan berbeda saat Idulfitri. Cari referensi terkait mix & match fesyen di media sosial.

5. Manfaatkan THR untuk asuransi

Alokasikan THR untuk berbagai kebutuhan. Setelah itu, siapkan dana untuk asuransi.

Dengan memiliki asuransi akan meminimalisasi kejadian tak terduga di masa depan. Tak hanya dapat menghemat selama Ramadan, tips ini juga bisa menjadi tabungan masa depan.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini