Sukses

Bubur Kanji Rumbi, Kuliner Ramadan Khas Aceh

Uniknya, bubur kanji rumbi juga dibuat dengan menambahkan campuran bumbu rempah yang kuat.

Liputan6.com, Aceh - Beberapa daerah di Indonesia memiliki sajian khas yang hanya ada saat Ramadan, tak terkecuali Aceh. Kota Serambi Mekah ini memiliki kuliner khas Ramadan berupa bubur kanji rumbi.

Bubur kanji rumbi menjadi salah satu menu takjil yang banyak diburu masyarakat. Sama seperti namanya, kuliner ini merupakan sejenis bubur yang terbuat dari beras, sayuran, dan ayam.

Uniknya, bubur kanji rumbi juga dibuat dengan menambahkan campuran bumbu rempah yang kuat. Bahan aromatik inilah yang memberikan rasa dan aroma khas tersendiri bagi kuliner Ramadan Aceh ini.

Hal lain yang membuat bubur ini menarik adalah proses memasaknya yang masih tradisional. Sebagian besar pembuat bubur kanji rumbi memasak menggunakan kayu bakar.

Bubur kanji rumbi juga memiliki ciri khas masing-masing di setiap daerah di Aceh. Hal ini berkaitan dengan perbedaan cara memasak dari berbagai daerah.

Saat Ramadan, biasanya masjid-masjid di Aceh memasak bubur kanji rumbi porsi besar. Mendekati waktu berbuka puasa, bubur ini akan dibagikan ke masyarakat dan bisa dibawa pulang untuk dinikmati bersama keluarga.

Selain dibagikan secara gratis, bubur kanji rumbi juga dijual di beberapa pasar takjil di sekitar Aceh. Bubur ini juga bisa dimasak sendiri di rumah untuk dinikmati bersama keluarga.

Untuk membuat kuliner Aceh ini dibutuhkan bahan berupa seekor ayam kampung, beras, bawang merah, bawang putih, serai, jahe, merica, minyak sayur, minyak samin, garam, dan air secukupnya. Ayam yang sudah disiapkan dipotong menjadi empat bagian.

Selanjutnya, bumbu-bumbu seperti jahe, bawang merah, bawang putih, dan garam, dihaluskan. Setelah itu, bumbu halus dibalurkan ke potongan ayam.

Kemudian, rebus ayam dengan air dan dua batang serai yang telah digeprek. Setelah daging ayam empuk, selanjutnya baru masukkan beras dan masak lagi adonan bubur tersebut.

Selama proses memasak, tambahkan air secukupnya, tidak terlalu banyak maupun terlalu sedikit. Sambil menunggu, tumis bawang merah dengan minyak samin dan minyak sayur hingga kecokelatan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah Selanjutanya

Jika beras sudah pecah, masukkan minyak serta bawang yang sudah ditumis dan aduk hingga rata. Aduk terus beras dan adonan menjadi bubur kanji rumbi yang matang.

Trik lain saat memasak bubur kanji rumbi adalah mengganti air dengan santan. Hal ini dapat membuat bubur terasa lebih gurih. Selain itu, bisa juga menambahkan sayuran, seperti wortel atau kentang.

Hingga kini, bubur kanji rumbi masih menjadi kuliner Ramadan yang masih banyak dicari masyarakat Aceh dan sekitarnya. Tak heran, jika sajian ini menjadi ikon kuliner Ramadan yang terus eksis.

(Resla)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.