Sukses

Catat, Ini 6 Spot Wisata yang Cocok Jadi Tempat Ngabuburit di Jogja

Menikmati waktu ngabuburit bisa dihabiskan dengan berjalan-jalan ke tempat wisata santai. Berikut ini adalah enam tempat wisata menarik untuk ngabuburit di Jogja.

Liputan6.com, Bandung - Ngabuburit merupakan momen yang sangat melekat dengan bulan suci Ramadan atau bulan puasa. Pasalnya umat muslim menjadikan waktu ngabuburit untuk menunggu waktu berbuka puasa.

Sebagai informasi ngabuburit mempunyai arti dalam bahasa Indonesia yang merujuk pada suatu aktivitas yang dilakukan ketika menunggu waktu berbuka puasa. Aktivitas tersebut bisa berupa banyak hal misalnya berjalan-jalan, berburu takjil, berolahraga, dan lain-lain.

Waktu ngabuburit sering diisi dengan aktivitas yang positif terutama untuk mendapatkan kebersamaan yang hangat dengan keluarga. Ngabuburit juga bisa membantu seseorang membangun ikatan yang kuat dan kenangan yang indah.

Tradisi ngabuburit juga dipercaya sebagai salah satu tradisi yang memiliki manfaat positif untuk seseorang. Misalnya mengurangi stres, meningkatkan kreativitas, hingga meningkatkan kesehatan fisik.

Salah satu kota yang gemar melakukan tradisi ngabuburit adalah kota Yogyakarta atau akrab disapa Jogja. Kota ini dikenal sebagai daerah yang kaya akan budaya dan tradisi sehingga banyak wisatawan yang mengunjunginya.

Ketika berkunjung ke Jogja di bulan Ramadan juga kita bisa menghabiskan waktu ngabuburit lebih meriah. Pasalnya ada beberapa tempat di Jogja yang cocok dikunjungi untuk menghabiskan waktu ngabuburit.

Melalui artikel ini terdapat enam rekomendasi tempat wisata menarik untuk ngabuburit di Jogja yang telah dirangkum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Spot Wisata Menarik untuk Ngabuburit di Jogja

1. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro merupakan salah satu tempat wisata yang sudah sangat populer di antara wisatawan. Tempat ini menyediakan banyak hal menarik dan menjadi spot wisata yang ikonik di Yogyakarta.

Ketika ngabuburit di Malioboro wisatawan bisa menikmati waktu untuk berjalan-jalan dan mencari wisata kuliner atau berbelanja. Area pejalan kaki di tempat ini jauh lebih luas sehingga nyaman untuk berjalan santai.

Selain ada tempat wisata kuliner dan tempat berbelanja yang menarik jalanan di kawasan Malioboro juga sering menghadirkan sejumlah hiburan menarik. Salah satunya pertunjukan musik gratis.

2. Obelix Hills

Obelix Hills dikenal sebagai taman hiburan menarik di Jogja yang cocok untuk dijadikan tempat ngabuburit. Wisatawan bisa melihat pemandangan dari dataran tinggi dengan udara yang terasa sejuk.

Tempat ini bisa mengajak wisatawan menghabiskan waktu sore dengan bersantai dan bisa berbuka puasa di tempat makan yang ada di sana. Melansir dari ulasan Google Obelix Hills mempunyai rating 4.6 dari total 7.609 pengguna.

Lokasi Obelix Hills ada di Klumprit, Blok I & 2, Wukirharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan jam buka setiap hari pukul 10.00 hingga 21.00 dan di hari libur buka pukul 07.00.

3 dari 4 halaman

Spot Berikutnya

3. Pantai Parangtritis

Ngabuburit di pantai masih banyak disukai orang karena bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan waktu sore yang romantis. Pantai Parangtritis menjadi spot menarik yang bisa kamu kunjungi karena tempat ini dikenal sebagai salah satu ikon populer Yogyakarta.

Pengunjung juga bisa menikmati waktu sore dengan berfoto-foto atau menjelajahi kuliner yang ada di sekitarnya untuk waktu berbuka. Mengutip dari ulasan Google Pantai ini meraih rating 4.6 dari total 15.194 pengguna.

Lokasi Pantai Parangtritis ada di Kelurahan Parangtritis, Kapanewok Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta dan berjarak sekitar 27 km dari pusat kota.

4. Tugu Pal Putih

Tugu Pal Putih merupakan lokasi ikonik Jogja dan menjadi spot populer yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Tugu Pal Putih dikenal sebagai kebanggan masyarakat Jogja dan keberadaannya tidak terlepas dari Keraton Jogja.

Tempat ini cocok dikunjungi untuk menikmati keindahan Jogja dan berkeliling mencari takjil atau jajanan nikmat yang ada di sekitarnya. Berdasarkan ulasan di Google tempat ini mempunyai rating 4.8 dari total 37.531 pengguna.

Lokasi Tugu Pal Putih ada di Jl. Jend. Sudirman, Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

5. Titik Nol Kilometer Yogyakarta

Titik Nol Kilometer Yogyakarta merupakan spot populer yang dikunjungi wisatawan karena lokasinya strategis dan dekat dengan sejumlah tempat wisata lainnya. Tempat ini merupakan persimpangan jalan yang memiliki area pejalan kaki yang luas.

Gedung-gedung bergaya kolonial yang ada di sekitarnya menjadikan tempat ini menarik untuk menghabiskan waktu ngabuburit. Melalui ulasan di Google tempat ini mendapatkan rating 4.8 dari total 46.148 pengguna.

Titik Nol Kilometer Yogyakarta berlokasi di Jl. Pangurakan No.1, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

6. Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul menjadi spot paling populer di Jogja dan cocok untuk dikunjungi pada waktu ngabuburit. Tempat ini selalu ramai dikunjungi terutama oleh wisatawan yang ingin menikmati wisata kota dengan berjalan santai.

Salah satu aktivitas menarik di Alun-Alun Kidul adalah melewati pohon beringin kembar sambil menutup mata. Kemudian bisa mencari sajian kuliner nikmat yang ada di sekitar alun-alun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini