Sukses

Mengintip Pulau Rubiah, Surganya Para Pencinta Snorkeling di Aceh

Pualu Rubiah merupakan salah satu pulau di Aceh yang terkenal dengan pesona bawah laut yang cantik.

Liputan6.com, Bandung - Aceh mempunyai banyak tempat wisata alam yang cantik terutama wisata pantainya yang mempesona. Pantai di aceh tidak hanya menyajikan pemandangan laut yang memukau tetapi juga menyimpan surga tersembunyi di bawah lautnya.

Salah satu tempat yang mempunyai pemandangan alam mempesona di Aceh adalah Pulau Rubiah. Pulau ini berlokasi di dekat kota Sabang dan terkenal sebagai surganya para pecinta snorkeling.

Pulau Rubiah mempunyai keindahan bawah laut yang memukau terutama ekosistem terumbu karang dan kehidupan lautnya yang mempesona. Pengunjung yang menikmati pemandangan bawah laut Pulau Rubiah akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan.

Ketika menyelam di Pulau Rubiah pengunjung bisa melihat berbagai jenis makhluk hidup seperti ikan, teripang, dan biota laut lainnya. Pengunjung juga akan melihat jernihnya air laut di Pulau Rubiah.

Pengunjung yang tidak menyelam pun masih bisa melihat keindahan terumbu karang dan kehidupan laut dengan jelas karena airnya yang jernih. Saat ini wisata ke Pulau Rubiah bisa dilakukan dengan menggunakan jasa pemandu.

Wisatawan yang menggunakan pemandu akan berkeliling ke spot-spot menarik di Pulau Rubiah. Terutama untuk bisa menikmati panorama terbaik dengan arahan pemandu yang ada di pulau tersebut.

Menggunakan jasa pemandu sangat penting untuk dilakukan ketika berkunjung ke Pulau Rubiah terutama yang ingin menikmati pesona bawah lautnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lokasi Pulau Rubiah

Melansir dari beberapa sumber Pulau Rubiah dikenal sebagai salah satu pulau di wilayah Aceh yang berlokasi di sebelah barat laut Pulau Weh. Pulau ini memiliki keindahan alam yang mempesona terutama pesona bawah lautnya.

Pulau Rubiah adalah pulau yang nyaris tidak berpenghuni dan hanya ada beberapa kepala keluarga saja yang merupakan penduduk asli pulau tersebut. Selain dikenal sebagai pulau yang menyimpan pemandangan cantik pulau ini juga memiliki sejarah yang unik.

Diketahui Pulau Rubiah pernah menjadi pusat karantina jemaah haji di Indonesia pada masa kolonial Belanda. Namun beberapa gedung yang sempat ada di Pulau tersebut kini hanya tersisa dua bangunan saja.

Pulau Rubiah juga berasal dari nama Cut Nyak Rubiah yaitu istri dari Teuku Ibrahim di Iboih dan makamnya ada di pulau tersebut.

3 dari 4 halaman

Daya Tarik Pulau Rubiah

Pulau Rubiah dikenal dengan pesona bawah lautnya yang indah dan dijuluki sebagai surganya para pecinta snorkeling. Pulau ini mempunyai keindahan alam yang mempesona dan memiliki taman laut yang indah.

Dalam kawasan Taman Laut pengunjung bisa melihat jenis ikan air asin hingga terumbu karang yang mempesona. Pengunjung juga bisa menyewa peralatan snorkeling dan diving untuk melihat keindahan bawah lautnya dengan lebih mudah.

Melansir dari situs resmi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh perairan di sekitar Pulau Rubiah menjadi habitat dari sekitar 14 biota laut yang dilindungi di Indonesia. Taman Lautnya pun memiliki luas wilayah sekitar 2.600 hektar.

Selain pesona bawah lautnya pantai ini juga memiliki panorama pantai yang menakjubkan. Pulau ini masih masuk dalam kategori pantai yang bersih dan mempunyai ombak di pantai yang cukup tenang.

4 dari 4 halaman

Cara ke Pulau Rubiah

Pengunjung yang ingin menikmati momen berlibur di Pulau Rubiah bisa mencari jasa paket tour agar bisa berlibur dengan pemandu. Pulau Rubiah juga berlokasi di kawasan Pulau Weh yang dikenal sebagai pulau terbesar di kota Sabang, Aceh.

Memiliki jarak sekitar 350 meter dari pantai Iboih atau kurang lebih 23,5 meter dari Pulau Weh. Pengunjung yang ingin mendatangi Pulau Rubiah bisa mengunjungi Pulau Weh terlebih dahulu dengan melalui Pelabuhan Ulee Lheue dari kota Banda Aceh.

Terdapat dua transportasi yang bisa digunakan oleh para wisatawan yaitu kapal ferry atau speedboat. Kemudian ketika sampai di Pulau Weh pengunjung harus melanjutkan perjalanan ke Pantai Iboih dan menyebrang kawasan pulau menggunakan perahu motor, speedboat, atau angkutan umum.

Wisatawan disarankan untuk mengunjungi Pulau Rubiah ketika cuaca sedang cerah dan hindari waktu akhir pekan jika tidak ingin penuh. Kemudian pastikan berkunjung menggunakan jasa pemandu agar aktivitas berlibur bisa lebih mudah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini