Sukses

Daops 3 Cirebon Buka Layanan Angkutan Motor Gratis Mudik, Simak Syarat dan Rutenya

Layanan angkutan motor gratis dalam upaya menekan jumlah kendaraan roda dua dan angka kecelakaan di jalan saat mudik Lebaran.

Liputan6.com, Cirebon - Dukungan kelancaran angkutan lebaran 2024 terus bergulir. Daops 3 Cirebon mulai membuka layanan angkutan motor gratis. 

Program angkutan Motor Gratis (Motis) itu digelar oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan. 

Manager Humas Daop 3 Cirebon Rokhmad Makin Zainul mengatakan layanan motis dalam upaya menekan jumlah kendaraan roda dua dan angka kecelakaan di jalan saat mudik Lebaran sehingga tingkat keselamatan meningkat.

"Pendaftaran program Motis 2024 telah dimulai sejak 4 Maret sampai 18 April. Daftar bisa online atau datang ke kami di Stasiun Parujakan," kata Zainul, Selasa (19/3/2024).

Untuk pendaftaran online, masyarakat bisa mengakses langsung website mudikgratis.dephub.go.id. Zainul mengatakan, selain di Cirebon, pendaftaran layanan motis juga ada di beberapa wilayah. 

Yakni Cilegon, Jakarta Gudang, Tangerang, Depok Baru, Bekasi, Kiaracondong, Kutoarjo, Lempuyangan, Purwosari, Semarang Tawang, Madiun, Tegal, Pekalongan, Purwokerto, Kroya, Gombong dan Kebumen. 

"Angkutan mudik Motis akan diberangkatkan pada 2 sampai 8 April, sedangkan angkutan balik motis dilaksanakan pada 13 April sampai 19 April 2024," kata Zainul. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Syarat dan Ketentuan

Ia mengatakan, DJKA Kemenhub akan mengintegrasikan angkutan motis dengan pelayanan KA PSO (Public Service Obligation). Kereta ini akan melayani 3 lintas pelayanan yaitu Utara Tengah dan Selatan. 

Dalam motis ini masyarakat dapat menikmati layanan tarif hanya Rp10 ribu apabila penumpang KA Motis Utara berangkat/naik dari Stasiun Cilegon dan turun di Stasiun Cirebon Prujakan.

Namun akan dikenakan tarif Rp20 ribu apabila berhenti/turun melewati Stasiun Cirebon Prujakan. Untuk penumpang KA Motis Tengah yang berangkat/naik dari Stasiun Pasarsenen dan turun di Stasiun Cirebon Prujakan dikenakan tarif Rp10 ribu.

Namun, akan dikenakan tarif Rp20 ribu apabila berhenti/turun melewati Stasiun Cirebon Prujakan. Secara keseluruhan, DJKA Kemenhub siapkan kuota 870 unit per hari mengangkut motor. 

"Terdiri dari 232 unit motor untuk Lintas Utara, 464 unit motor untuk Lintas Tengah dan Lintas Selatan sebanyak 174 unit motor per hari. Untuk jumlah motor yang dapat diangkut dalam 14 hari pelaksanaan sebanyak 12.180 unit motor," ujarnya. 

Sedangkan, tempat duduk penumpang yang disediakan perhari sebanyak 2.014 kursi. Terdiri 530 penumpang per hari untuk Lintas Utara, 1.060 penumpang per hari untuk Lintas Tengah dan 424 penumpang per hari untuk Lintas Selatan. 

Sehingga, total penumpang yang dapat menikmati layanan angkutan motis sebanyak 28.196 penumpang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.