Sukses

Polisi Tangkap Kurir Sabu Senilai Rp1 Miliar di Sukabumi Utara, Bosnya Kini Jadi Buruan

Sabu senilai Rp1 miliar berhasil diamankan polisi dari tangan seorang pemuda yang diketahui jadi kurir narkoba. Kepada polisi, pelaku banyak mengedarkan barang haram itu di wilayah Sukabumi Utara.

Liputan6.com, Sukabumi - Satuan Narkoba Polres Sukabumi berhasil menggagalkan peredaran narkotika berjenis sabu dalam jumlah besar, dengan menyita 790 gram sabu siap edar dari seorang pelaku berinisial A (24). 

Polisi menyebut, pelaku berencana mengedarkan sabu ke wilayah Sukabumi Utara khususnya wilayah Cibadak dan sekitarnya. Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo menyebutkan, pihaknya berhasil mengamankan sabu senilai Rp1 miliar dari seorang kurir yang diamankan pada, Kamis (7/3/2024) lalu. 

"Hampir satu miliar, masih dalam pendalaman terkait dengan jaringannya mudah mudahan dalam waktu dekat akan bisa kami ungkap lebih lanjut," kata Kasat Narkoba Polres Sukabumi, AKP Tatang Mulyana (15/3/2024). 

Dia menerangkan, mulanya pelaku merupakan kurir sabu ini mendapatkan barang dengan modus tempel dari seseorang berinisial Cengek sebanyak 1 kilogram. 

Pelaku A diamankan dari persembunyiannya di Desa Caringin Kulon, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi dan polisi mendapatkan sabu seberat 790 gram yang dikemas dalam beberapa bungkus siap edar, mulai dari 0,5 gram sampai 100 gram. 

"Untuk sementara tersangka berinisial A itu baru ditemukan atau didapat dari saudara Cengek. Namun, orang tersebut belum diketahui dari mana asalnya," terang Tatang. 

Dari pengungkapan kasus tersebut, pelaku mengaku telah mengedarkan sabu sebanyak 300 gram selama beberapa hari di daerah Kecamatan Cibolang, Kabupaten Sukabumi. Modus yang digunakan pelaku saat melancarkan aksinya yakni dengan cara menempel di beberapa titik yang telah ditentukan oleh Cengek melalui pesan singkat. 

"Pelaku telah mengedarkan sebanyak 300 gram namun beruntung kita mengamakan 790 gram yang belum diedarkan," ungkapnya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peredaran Narkotika Terbanyak di Sukabumi Utara

Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo menyebutkan bahwa kecenderungan beberapa pengungkapan kasus narkotika dari wilayah Sukabumi ini berada di bagian utara. 

"Kemudian, saya sampaikan juga bahwa kecenderungan beberapa pengungkapan ini dari wilayah Sukabumi Utara. Beberapa saat yang lalu kami juga banyak mendapat keluhan dari masyarakat terkait maraknya narkotika dan obat keras terbatas di Sukabumi bagian utara," ungkap Tony. 

Pihaknya berkomitmen akan mengejar pelaku peredaran narkotika dan obat keras terbatas (OKT) serta akan menindak tegas para pelaku yang merusak generasi bangsa ini. 

"Himbauan dari kami, khususnya bagi oknum yang akan mengedarkan, mempunyai atau menyalahgunakan narkotika. Percayalah, bahwa di manapun bersembunyi akan kami tangkap," tutupnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.