Sukses

Pemkot Bandung Sediakan 234 Kursi Mudik Gratis, Bagaimana Cara Daftarnya?

pendaftaran mudik gratis ini akan dibuka mulai Jumat, 15 Maret 2024. Pendaftaran akan dilangsungkan secara langsung atau offline.

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Kota Bandung mengumumkan bakal menyediakan bus untuk melayani mudik gratis dengan tujuan sejumlah kota. Warga yang berminat dipersilakan untuk layanan gratis angkutan lebaran tersebut.

Plt. Kadishub Kota Bandung, Asep Kuswara menyampaikan, pendaftaran mudik gratis ini akan dibuka mulai Jumat, 15 Maret 2024. Pendaftaran akan dilangsungkan secara tatap muka langsung atau offline.

"Kami Dishub Kota Bandung akan mengadakan mudik gratis jelang Hari Raya Idulfitri 1445 H," kata di Bandung, Rabu, 13 Maret 2024.

Asep mengatakan, mudik gratis tersebut khusus untuk keberangkatan tanggal 6 April 2024 mendatang. Secara keseluruhan, Pemerintah Kota Bandung disebut bakal menyediakan 234 kursi mudik gratis.

"Yang disediakan total 234 kursi," ucapnya.

Dishub Kota Bandung juga bakal menggelar ramp check di Terminal Cicaheum dan Leuwipanjang. Termasuk ke sejumlah pool bus pariwisata.

"14 hari sebelum lebaran kami akan ada ramp check. Kami turunkan anggota di tiap pool. Karena dikhawatirkan ada bus pariwisata yang tidak melakukan kewajiban laik jalan dan laik operasi," jelasnya.

Untuk info lebih lanjut, pantau terus akun media sosial Instagram Dishub Kota Bandung, @bdg.dishub.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) diketahui telah membuka pendaftaran untuk mudik gratis Lebaran 2024. Kali ini, masyarakat sudah bisa mendaftar mudik gratis 2024 via jalur laut.

Hal tersebut diungkapkan Kemenhub lewat website resmi mudikgratis.dephub.go.id. "Pendaftaran dimulai pada 13 Maret 2024 - 7 April 2024," dikutip dari website dephub.go.id, Rabu (13/3/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Daftar

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno menyampaikan pendaftaran dilakukan melalui aplikasi 'Mitra Darat' yang bisa diunduh oleh masyarakat di Google Play Store maupun AppStore.

"Pendaftaran dapat dilakukan mulai hari ini hingga tanggal 3 April 2024 atau jika kuota sudah terpenuhi," kata Hendro dalam keterangannya, Rabu (6/3/2024).

Pada aplikasi MitraDarat, calon pemudik melakukan login pada aplikasi dengan memasukkan email / akun Google. Selanjutnya masukkan nomor telepon (WhatsApp) dan masukkan kode OTP, jika diminta. Jika login sudah berhasil maka akan muncul halaman utama aplikasi MitraDarat dan pilih tab 'event' untuk lihat menu Mudik Gratis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.