Sukses

Punya Masalah Rambut Rontok? Ini Tips Mengatasinya

Perawatan rambut membutuhkan kesabaran dan konsistensi, jadi tetaplah konsisten dalam merawat rambut Anda untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Liputan6.com, Jakarta - Rambut rontok adalah masalah umum yang sering membuat frustrasi bagi banyak orang. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari faktor genetik, pola makan yang tidak sehat, hingga gaya hidup yang tidak seimbang.

Meskipun rambut rontok adalah hal yang normal, namun jika jumlahnya berlebihan, bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan atau perawatan yang tidak tepat.

Untungnya, ada beberapa langkah yang bisa Anda ambil untuk mengatasi masalah rambut rontok menggunakan bahan alami, di antaranya:

1. Minyak Zaitun

Di dalam minyak zaitun terkandung vitamin A, C, D, E, K serta zat besi dan kalsium yang dapat mengurangi rambut rontok yang anda alami.

Pemakaian minyak zaitun pada rambut rontok juga cukup mudah. Anda dapat mengoleskannya pada kulit kepala dan rambut secara merata lalu pijatlah dengan lembut.

Setelah itu, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

2. Putih telur

Selain menggunakan minyak zaitun, putih telur juga dapat mengatasi rambut rontok. Kandungan yang terdapat di dalam telur adalah protein, kalsium dan magnesium yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Cara pengaplikasiannya juga sama dengan minyak zaitun, yaitu dengan mengoleskannya kepada kulit kepala dan rambut. Namun, untuk durasi waktunya lebih singkat dari minyak zaitun, yakni hanya 10 hingga 15 menit.

Setelah didiamkan lalu dibilas dengan air bersih.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Lidah buaya

Tanaman yang satu ini sangat banyak manfaatnya, termasuk dalam membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Hal itu lantaran kandungan vitamin A, D, serta zat besi dan protein di dalamnya.

Oleskan lah gel lidah buaya secara merata pada rambut dan kulit kepala. Lalu diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat sampai bersih.

Untuk hasil yang maksimal, lakukanlah hal ini setiap hari.

4. Alpukat

Alpukat mengandung kalium dan magnesium dapat membantu menghaluskan dan mengembalikan kilau alami rambut. Tentu hal ini baik untuk mencegah rambut rontok.

Selain mencegah rambut rontok, alpukat juga mampu merangsang pertumbuhan rambut baru yang lebih kuat dan sehat.

5. Pisang

Bahan alami selanjutnya yang dapat mencegah rambut rontok adalah pisang. Asam folat yang terkandung di dalam pisang dapat mengatasi rambut rontok.

Cara pakainya yaitu, hancurkan satu buah pisang dan campurkan dengan minyak zaitun, madu, serta susu atau santan. Oleskan pada kulit kepala dan rambut, diamkan 15 sampai 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini