Sukses

Film 1 CM, Karya Sutradara Dedy Siregar, Pemerannya Anak-anak Berbakat dari Sumut

Sebanyak 32 anak-anak asal Sumatera Utara (Sumut) beradu peran dalam Film 1 CM garapan sutradara Dedy Siregar. Film ini turut memeriahkan kancah perfilman nasional.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 32 anak-anak asal Sumatera Utara (Sumut) beradu peran dalam Film 1 CM garapan sutradara Dedy Siregar. Film ini turut memeriahkan kancah perfilman nasional.

Film yang berisi pesan moral dan nasionalisme ini diluncurkan dalam Gala Premiere di Epicentrum XXI, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, Sabtu, 9 Maret 2024.

Sutradara Film 1 CM, Dedy Siregar mengatakan, film yang mengandung nilai pendidikan ini disuguhkan buat pelajar-pelajar di Indonesia yang saat ini minim asupan film pendidikan. Padahal, di usia-usia mereka yang masih muda, nilai-nilai nasionalisme harus ditanamkan.

"Melalui Film 1 CM ini kita berupaya mendidik, memberi pelajaran dengan cara yang bisa dinikmati," kata Dedy, saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (10/3/2024).

"Di dalam film ini ada pesan-pesan nasionalisme, hingga kebiasaan penggunaan ponsel bagi anak-anak yang harus dibatasi," sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Film untuk Keluarga

Dikatakan Dedy Siregar, mungkin selama ini sebagai orang tua merasa bingung ketika mengajak buah hati mereka untuk menonton bersama di bioskop. Disebabkan tidak banyak pilihan film yang bisa ditonton bersama dengan anak-anak.

"Film 1 CM ini bisa menjadi tontonan bersama keluarga. Ambil pesan baik yang ada di dalam film ini, dan semoga bisa bermanfaat bagi kita," ucap putra daerah Sumut ini.

Disinggung soal pemeran Film 1 CM ini, Dedy mengatakan, para pemain dikurasi dari siswa-siswa yang berprestasi di Sumut.

"Mereka ini memang aktor dan aktris pemula, kita seleksi dari sekolah-sekolah yang ada di Sumut. Aktingnya bisa dinilai sendiri, mereka penuh semangat dan serius dalam memerankan tokoh yang ada di film," ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Dialek Anak Sumut

Pemeran Jenderal Dirga dalam Film 1 CM ini, Raihan Diaz mengungkapkan, berperan di Film 1 CM ini memiliki tantangan tersendiri.

Menurutnya, latar lokasi yang berpindah-pindah, serta cuaca yang berubah membuat stamina sangat terkuras.

"Kita syuting di lokasi yang berbeda-beda. Ada yang cuacanya dingin, terkadang tekendala hujan. Ini pengalaman yang seru sih buat saya. Untungnya kami semua semangat, jadi segala kendala yang ada saat penggarapan film bisa teratasi," ungkapnya.

Ketika ditanya makna dari 1 CM, Diaz mengatakan, nantinya akan terungkap dalam film.

"Saksikan saja filmnya, pasti seru. Karena kami sebagai anak Sumut, dialeknya memakai dialek seperti orang Sumut umumnya saat berbicara. Cemana menurut kelen? Cocok, kan," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.