Sukses

Pengamatan Hilal di Gorontalo Terhalang Awan Tebal

Pengamatan hilal di Pantai Botubarani, Kabupaten Bone Bolango terhalang oleh awan.

 

Liputan6.com, Gorontalo - Pengamatan hilal di Pantai Botubarani, Kabupaten Bone Bolango terhalang oleh awan. Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Gorontalo Muflih Fattah.

"Memang kondisi pada saat ini, di daerah kita Provinsi Gorontalo akibat awan tebal sehingga tidak memungkinkan untuk bisa melibat secara langsung rukyatul hilal," ucap Muflih, Minggu (10/3/2024).

Hasil yang diperoleh pada hari ini tetap akan dikirimkan dan dilaporkan ke Kementerian Agama RI.

"Tetap akan kita laporkan ke pusat bahwa proses pemantauan hilal telah dilakukan dengan kondisi dan kriteria," katanya.

Muflih mengungkapkan, pada hari ini akan ada sidang isbat dari Pemerintah Pusat yang dihadiri oleh para astronom, para ahli juga organisasi masyarakat Islam dan DPR RI.

"Untuk itu kami akan mendengarkan ketentuan, apakah pada malam ini kita akan salat Tarawih atau besok malam," ujar dia.

Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo bersama Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Gorontalo melakukan pengamatan hilal 1 Ramadhan dengan menggunakan teropong di tepi pantai Desa Botubarani.

Kepala Stasiun Geofisika Gorontalo Andri Wijaya Bidang di Botubarani mengatakan pengamatan hilal dilakukan di tempat itu karena pertimbangan jarak pandang atau visibilitas.

Untuk pemantauan hilal di daerah itu, kata Andri, dilakukan pada waktu matahari terbenam yaitu sekitar pukul 18:00 lewat 56 detik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini