Sukses

Usai Pencoblosan Pemilu, Polda Riau dan TNI Rapat Bersama Sambut Pengamanan Ramadan

Usai pencoblosan Pemilu 2024, Polda Riau gelar rapat pimpinan bersama TNI membahas sejumlah isu termasuk menyambut Ramadan.

Liputan6.com, Pekanbaru - Kepolisian Daerah (Polda) Riau bersama TNI gelar rapat pimpinan (Rapim) setelah pencoblosan pemilihan umum (Pemilu). Kegiatan yang dipimpin Kepala Polda Riau Inspektur Jenderal Mohammad Iqbal berlangsung hingga Jumat petang, 8 Maret 2024.

Iqbal menjelaskan, Rapim ini merupakan tindak lanjut pimpinan Polri dan TNI di Jakarta. Semua kepala daerah dan stakeholder terkait pelaksanaan Pemilu 2024 dilibatkan dengan pola diskusi cukup dinamis.

"Kami menindaklanjuti secara cepat, saya, Danrem, Danlanud, Danlanal sepakat melakukan rapat pimpinan serta kepala daerah hingga Kapolres," kata Iqbal.

Rapim Polda Riau bersama TNI ini menelurkan 4 poin penting dalam menjaga situasi keamanan serta ketertiban masyarakat di Riau. Pertama pembahasan sinergitas TNI dan Polri, kedua peningkatan ekonomi eksklusif di Riau.

"Ketiga persiapan Ramadan dan terakhir terkait situasi pasca-pemungutan suara," ujar Iqbal.

Iqbal menjelaskan, situasi keamanan dan politik setelah pencoblosan perlu dijaga dengan sinergitas TNI dan Polri. Hal ini akan dikawal sampai akhir dan persiapan bulan suci Ramadan hingga Idul Fitri.

"Kami ingin mengajak semua stakehokder, terutama kepala daerah untuk sama-sama memajukan ekonomi dan kesejahteraan sosial," tuturnya.

Di sisi lain, Iqbal bersyukur karena Polda Riau mampu mengawal proses demokrasi sampai selesai dengan lancar. Saat ini, fokus penyelenggara negara adalah stabilitas keamanan paska Pemilu 2024.

"Kini kita menatap untuk menuju Indonesia Emas, maka kita harus dapat membuktikan program-program jangka panjang sehingga memberikan kepastian terhadap perekonomian negara," katanya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jamin Keamanan Ramadan

Mantan Kadiv Humas Mabes Polri ini menyebut pengamanan penghitungan suara di KPU tingkat provinsi masih berlangsung. Kondisi ini harus dijaga dengan narasi-narasi positif bagi masyarakat.

Selain pengamanan paska Pemilu, beberapa hari ke depan umat muslim segera menunaikan ibadah di bulan suci Ramadan. Untuk itu, Polda Riau akan menjamin kenyamanan dan ketenteraman masyarakat untuk menjalankan ibadah.

"Kita juga masih memahami mendengar beberapa potensi-potensi kerawanan pasca Pemilu untuk memastikan umat muslim nyaman dalam melaksanakan ibadah," pungkasnya.

Sementara itu PJ Gubernur Riau, SF Hariyanto mengapresiasi pelaksanaan Rapim TNI-Polri. Dia menyebut semangat dan komitmen dari semua pihak untuk mensukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024 sangatlah nyata.

"Kita berterima kasih dan mengapresiasi kinerja TNI-Polri karena sejauh ini situasi di Provinsi Riau sangat kondusif. Semoga sinergitas ini selalu terjaga dan negara kita tetap dalam keadaan damai dan tentram," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.