Sukses

Tips Merawat Kesehatan Baterai Ponsel agar Panjang Umur

Perawatan yang tepat akan membantu Anda menghindari biaya penggantian baterai yang mahal dan memastikan bahwa perangkat seluler Anda tetap berfungsi dengan baik.

Liputan6.com, Padang - Baterai adalah komponen yang vital dalam setiap perangkat seluler, dan menjaga kesehatannya adalah kunci untuk memperpanjang umur ponsel Anda.

Dengan perawatan yang tepat, Anda dapat memastikan bahwa baterai ponsel cerdas Anda tetap kuat dan bertahan lama.

Saat kita menggunakan ponsel, baterai akan terkuras secara cepat. Biasanya para pengguna handphone mengandalkan kapasitas baterai yang besar agar lama bertahan.

Namun, memilih kapastias baterai yang besar belum tentu bisa menjadi patokan akan keawetaan baterai. Sebenarnya, jika salah dalam proses pengisian daya, hal itu akan berdampak ke kesehatan baterai yang rentan menjadi boros.

Berikut ini, beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui cara mengisi daya baterai dikutip dari berbagai sumber:

 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1. Jangan charger ponsel sambil dimainkan

Memainkan ponsel sambil di charger sangat tidak disarankan, hal itu akan menyebabkan kinerja umur baterai menurun.

Tidak hanya itu saja, jika ponsel di charger sembari dimainkan akan membuat ponsel menjadi cepat panas. Pengisian daya juga menjadi lambat lantaran sedang mengonsumsi daya yang lebih besar saat dimainkan.

2. Jangan biarkan baterai ponsel habis (Nol persen)

Saat anda ingin charger ponsel, jangan dibiarkan HP sampai mati. Charger lah daya HP anda saat baterai tersisa 20 persen.

Dampak dari membiarkan daya baterai sampai habis secara berulang akan membuat kesehatan baterai berkurang. Jadi, hindarilah kebiasan buruk ini agar baterai anda awet.

3. Pakai charger asli

Charger ponsel asli adalah langkah terbaik untuk kesehatan baterai anda. Alasannya, charger original sudah disesuaikan dengan pengisian daya hp anda.

4. Matikan ponsel saat di charger

Langkah selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah dengan mematikan HP saat proses pengisian daya berlangsung.

Kondisi HP yang mati tentunya tidak akan menguras baterai, jadi saat pengisian daya akan lebih cepat dan efisien.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.