Sukses

Penggunaan Produk Dalam Negeri Antar LAN Raih Penghargaan

LAN juga telah membentuk Tim Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) sebagai perpanjangan tangan Tim P3DN Nasional.

 

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Administrasi Negara (LAN) menerima penghargaan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P2DN) Tahun 2024 dari Kementerian Perindustrian atas Capaian Belanja Produk Dalam Negeri Tahun Anggaran 2023 Kategori Lembaga Negara dan Kementerian/Lembaga dengan Anggaran Belanja Kecil. Penghargaan tersebut diterima secara langsung Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala LANMuhammad Taufiq dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan pada acara Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri 2024 di The Meru Sanur, Bali, Kamis (7/3/2023).

Dalam kesempatan terpisah, Muhammad Taufiq menyampaikan anggaran belanja LAN akan dipastikan untuk didedikasikan pada pemanfaatan produk dalam negeri (PDN).

“Dalam setiap pengadaan produk kami akan senantiasa prioritaskan PDN. Jangan sampai APBN justru untuk beli barang impor yang menguntungkan negera lain, kecuali memang yang belum bisa diproduksi di dalam negeri.” ujarnya.

Muhammad Taufiq juga menyampaikan LAN juga telah membentuk Tim Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) sebagai perpanjangan tangan Tim P3DN Nasional. Beragam upaya telah dilakukan Tim P3DN LAN untuk mendorong penggunaan PDN.

Upaya yang dilakukan Tim P3DN, yaitu, menyusun mekanisme sistem reward and punishment pada kebijakan yang mendorong PDN, melakukan monitoring dan evaluasi kinerja roadmap, kebijakan dan program pengurangan impor sampai dengan 5 (lima) persen disertai dengan mekanisme pemantauan dan evaluasi efektivitasnya, kebijakan untuk mendorong supply PDN, dan menetapkan Belanja PDN sebagai Indikator Kinerja Utama Unit Kerja

Adapun capaian belanja P2DN LAN tahun anggaran 2023 sesuai dengan data Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) mencapai Rp 54.625.000.000.

"Pada 2024 kami juga akan semakin meningkatkan alokasi anggaran untuk belanja P2DN. Disamping itu LAN melalui pembelajaran pelatihan kepemimpinan nasional juga mendorong peran kepemimpinan dalam meningkatkan pemanfaatan produk dalam negeri,” ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini