Sukses

Tips Sederhana Menjaga Berat Badan agar Ideal

Menjaga berat badan agar tetap ideal memerlukan komitmen dan konsistensi dalam mengadopsi gaya hidup sehat.

Liputan6.com, Padang - Menjaga berat badan yang ideal bukan hanya tentang penampilan fisik, tetapi juga tentang kesehatan secara keseluruhan.

Berat badan yang seimbang dapat mengurangi risiko berbagai penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

Namun, dengan gaya hidup modern yang sering kali penuh dengan makanan cepat saji dan pola makan tidak sehat, menjaga berat badan ideal bisa menjadi tantangan.

Dikutip dari berbagai sumber, dengan menerapkan pola hidup sehat, berat badan dapat terjaga dari risiko obesitas. Lalu, seperti apa menjaga berat badan agar tetap ideal? Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

1. Istirahat yang cukup

Jika Anda ingin berat badan ideal, tentunya harus menjaga pola tidur. Kurang tidur, akan cenderung membuat makan lebih banyak dan mengonsumsi makanan yang tidak sehat pada pagi harinya.

Waktu tidur yang berkualitas ialah selama 6 hingga 8 jam setiap harinya dan jangan lupa untuk menghindari bergadang.

2. Mengatur porsi makan

Porsi makan pun harus diperhatikan jika Anda ingin fokus menjaga berat badan agar tetap ideal. Kunci dari penurunan berat badan ialah jumlah kalori yang masuk tidak boleh lebih dari kalori yang dibakar.

Kesimpulannya, hindari makan dalam porsi yang berlebih atau banyak.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Tidak merokok dan minum alkohol

Merokok dan minum alkohol membuat tubuh kita tidak sehat, tentunya hal ini perlu dihindari jika Anda ingin menjaga berat badan ideal.

4. Berolahraga

Olahraga sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan dan menurunkan risiko penyakit. Berolahraga bisa membantu membakar kalori dan memperkuat otot anda.

Olahraga yang dapat Anda lakukan di antaranya, joging, berenang, yoga, serta bersepeda.

5. Kelola stres

Dilansir dari jurnal Current Obesity Report (2018), tingkat stres yang tinggi dapat berkontribusi pada pertambahan berat badan. Untuk itu, demi menjaga berat badan agar tetap ideal, Anda diharuskan mengolola stres dengan baik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.