Sukses

Sinopsis Film Inferno, Ketika Tom Hanks Mempertaruhkan Nyawa Selamatkan Umat Manusia

Film Inferno merupakan film aksi petualangan Tom Hanks yang dijadwalkan tayang pada malam ini di salah satu stasiun tv swasta.

Liputan6.com, Bandung - Film Inferno merupakan film bergenre aksi petualangan yang telah tayang sejak tahun 2016. Film ini dijadwalkan tayang pada Senin (4/3/2024) pukul 21.00 WIB di salah satu stasiun televisi swasta.

Melalui film ini, terdapat bintang Hollywood ternama yang turut berperan seperti aktor Tom Hanks, Felicity Jones, Irrfan Khan, hingga Ben Foster. Film Inferno juga digarap oleh sutradara Ron Howard.

Ron Howard dikenal sebagai sutradara dan produser kondang yang pernah terlibat dalam film A Beautiful Mind, Apollo 13, Tetris hingga serial Arrested Development. Ceritanya berdasarkan novel tahun 2013 berjudul sama karya Dan Brown.

Diketahui, penulisan naskahnya digarap oleh penulis David Koepp yang pernah berpartisipasi dalam judul film populer seperti Jurassic Park (1993), Stir of Echoes (1999), Mission: Impossible (1996), hingga Ghost Town (2008).

Melansir dari Rotten Tomatoes, film Inferno mendapatkan rating kurang memuaskan sekitar 23% dari total 253 suara. Terdapat sejumlah kritikan terhadap film ini karena penonton merasa kurang puas dengan jalan ceritanya.

Selain itu, masih ada beberapa penonton yang menilai bahwa jalan ceritanya menarik meski plot ceritanya hampir kurang baik. Kemudian melalui situs IMDb, film Inferno mendapatkan rating 6.2 dari total 189 ribu penonton.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sinopsis Film Inferno

Menceritakan tentang seorang profesor Universitas Harvard yang ahli tentang simbol-simbol kuno bernama Robert Langdon (Tom Hanks). Suatu hari, Robert harus mencari dan mencegah terjadinya penyebaran virus yang bisa memusnahkan setengah populasi manusia di dunia.

Robert tiba-tiba terbangun di sebuah rumah sakit di Florence, Italia dalam keadaan amnesia. Kepalanya mengalami luka dan terus menerus mendapatkan penglihatan yang mengganggu tentang orang-orang yang terlihat menggeliat kesakitan.

Selain itu, ia juga mempunyai penglihatan orang-orang yang terbakar hingga beberapa orang kepalanya terbalik. Menurut dokter yang merawatnya yaitu Dr Sienna Brooks (Felicity Jones) Robert mengalami trauma kepala karena peluru yang menyerempet kepalanya.

Sang dokter berjanji kepada Robert untuk bisa memulihkan kembali ingatannya dalam beberapa hari. Namun, di apartemen Dr. Sienna, ia menemukan pointer Faraday di saku jaketnya yang berisi peta Inferno Dante oleh Sandro Botticelli.

Karena hal tersebut, keduanya mulai menghubungi Konsultan Amerika Serikat, tetapi mereka memberikan alamat yang salah di dekat apartemen. Tanpa diduga mereka justru dikepung oleh agen dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan polisi setempat.

Pada kejadian yang berbeda di Italia, terdapat seorang ahli genetika bernama Bertrand Zobrist (Ben Foster) yang terobsesi dengan Dante. Dia membuat sebuah superweapon virus yang dijuluki “Inferno”.

Virus tersebut berbahaya bagi umat manusia karena bisa memusnahkan setengah populasi dunia. Alhasil, Zobrist dikejar oleh banyak pihak termasuk WHO namun akhirnya Zobrist bunuh diri dan sebelumnya telah menyembunyikan virus tersebut di suatu tempat.

Saat ini, melalui peta yang Robert miliki dan lokasi virus Zobrist yang tidak diketahui membuat mereka berkejaran dengan waktu terutama untuk menemukan virus tersebut disembunyikan.

Bisakah Robert dan Sienna menyelamatkan dunia dan menemukan virus tersebut?

3 dari 4 halaman

Daftar Pemeran Film Inferno

Melansir dari beberapa sumber berikut ini adalah daftar pemeran film Inferno:

1. Tom Hanks sebagai Robert Langdon.

2. Felicity Jones sebagai Sienna Brooks.

3. Irrfan Khan sebagai Harry Sims.

4. Ben Foster sebagai Bertrand Zobrist.

5. Omar Sy sebagai Christoph Bouchard.

6. Sidse Babett Knudsen sebagai Elizabeth Sinskey.

7. Ana Ularu sebagai Vayentha.

8. Ida Darvish sebagai Marta Alvarez.

9. Paolo Antonio Simioni sebagai Dr. Marconi.

10. Alessandro Grimaldi

11. Fausto maria Sciarappa

12. Robin Mugnaini.

13. Paul Ritter.

14. Vincenzo Tanassi.

15. Alessandro Fabrizi.

4 dari 4 halaman

Fakta Menarik Film Inferno

Melansir dari IMDb berikut ini adalah fakta-fakta menarik dari film Inferno:

1. Film sekuel dari novel karya Dan Brown.

Film Inferno merupakan salah satu film yang berdasarkan dari novel karya penulis kondang Dan Brown. Namun sekuel filmnya sendiri diproduksi tidak sesuai urutan dari novel karya Dan Brown.

Misalnya saja film The Da Vinci Code pertama kali dirilis pada 2006 dan merupakan film dari buku kedua Dan Brown. Kemudian film Angels & Demons (2009) adalah film yang diadaptasi dari buku pertama Dan Brown.

Sementara itu, film Inferno menjadi film ketiga yang merupakan adaptasi dari buku keempat Dan Brown. Diketahui buku ketiga Dan Brown bertajuk “The Lost Symbol” justru diadaptasi sebagai serial televisi di tahun 2021.

2. Sekuelnya membutuh waktu lama

Film Inferno menjadi sekuel yang membutuhkan waktu lama untuk dirilis karena pihak Sony sebelumnya ingin memfilmkan “The Lost Symbol”. Namun produksi adaptasi tersebut terlalu rumit karena sang sutradara ingin menjadi produser daripada sutradara.

Kemudian aktor Tom Hanks juga tidak akan kembali berperan sebagai karakter Professor Robert Langdon. Namun pada akhirnya ketika novel Inferno dirilis dan Sony memutuskan mengadaptasinya sebagian besar kru film termasuk sutradara dan aktor Tom Hanks kembali.

3. Digarap dengan anggaran $75 juta

Film Inferno diproduksi pada April 2015 dan selesai sekitar bulan Juli 2015 dengan lokasi syuting sebagian besar di Venice, Italia. Diketahui film ini mengeluarkan biaya produksi sekitar $75 juta dan sukses dengan menghasilkan pendapatan kotor sekitar $220 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.