Sukses

Mas Ipin Launching City Branding TGX Southern Paradise

Dengan branding baru TGX Southern Paradise Mas Bupati Arifin ingin membangun citra positif Kabupaten Trenggalek

Liputan6.com, Trenggalek - Bupati Trenggalek, Mochammad Nur Arifin melaunching branding baru daerahnya "TGX Southern Paradise" di Pendopo Manggala Praja Nugraha, Sabtu (2/3/2024).

City Branding ini sendiri merupakan bagian dari perencanaan tata kota Kabupaten Trenggalek yang ditujukan untuk membangun diferensiasi dan memperkuat identitas Kabupaten Trenggalek demi menarik keingintahuan orang terkait Trenggalek.

Dengan branding baru TGX Southern Paradise Mas Bupati Arifin ingin membangun citra positif Kabupaten Trenggalek. Membedakan Trenggalek dengan kabupaten-kabupaten yang lain demi menarik wisatawan, menarik minat investor serta perdagangan, dan tentu harapannya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Menurut Mas Ipin filosofinya TGX itu, Trenggalek dengan faktor X. "Kita pengen buktikan Trenggalek dengan faktor X," katanya.

"Faktor X nya apa? kita bisa berekonomi tanpa harus merusak lingkungan. Makanya logonya kita explore dari kekayaan kita. Ada bukit, kemudian ruang-ruang hijau kita. Kita punya sungai, kita punya ruang ruang seperti laut yang bisa dinikmati tanpa harus di rusak. jadi ini beberapa pesannya," ucap dia.

Ikon itu kemudian diaktivasi dengan beberapa even dan juga festival. Warna merah dan hijau merupakan warna-warna dominan di lambang daerah.

"Perisai-nya, kalau melihat logo Trenggalek itu warnanya, warna hijau, berarti ketangguhan dan kemakmuran. Terus warna merahnya itu terdapat di pita yang bertuliskan Jwalita Praja Karana, yang artinya bersinar karena rakyat-nya," ujar Mas Ipin.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sinden Gaib

"Harapannya Trenggalek harus punya faktor X yang kemudian mengungkit maju. Faktor X-nya kita pilih, ekonomi yang lestari, ekonomi yang regeneratif. Kemudian fungsinya apa? faktor X sselanjutnya, harus benar-benar bersinar karena rakyat," imbuh Nur Arifin usai melaunchi City Branding daerahnya.

Menurut dia, inisiasi ini tak bersifat top down, tetapi harapannya juga gotong royong semua pihak. Seperti contoh di Desa Wisata Watu Agung, di Pandean Dongko yang ide awalnya konservasi sungai. Kemudian naik statusnya dari konservasi sungai menjadi desa wisata.

Desa wisata kemudian ter-rekognisi atau diakui, sebagai 50 desa wisata terbaik se-Indonesia. Kemudian ternyata di dalamnya ada cerita.

"Terus ceritanya bisa dijual. Dijual jadi apa? jadi film yang filmnya belum ada 1 bulan tayang, "Sinden Gaib" yang nonton udah 500 ribu lebih," jelasnya.

Mas Ipin mengemukakan, kesuksesan Sinden Gaib itu kemudian direproduksi di lapangan. Sebab, semuanya diabmil di Trenggalek. Lantas, terciptalah paket wisata Sinden Gaib.

"Jadi tidak susah untuk melakukan adegan tarian Turonggo Yakso di atas batu, misalnya. Atau kemudian melakukan foto shut videosection dengan kvideosectionNenek Sarinten dan sebagainya. Semua itu bisa jadi paket wisata yang nanti juga bisa tenar," tutup Mas Ipin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.