Sukses

Sinopsis The Da Vinci Code, Film Misteri Thriller Tom Hanks

The Da Vinci Code merupakan film bergenre misteri thriller yang diperankan oleh Tom Hanks. Film ini dijadwalkan tayang pada Rabu (28/2/2024) di salah satu stasiun televisi swasta.

Liputan6.com, Bandung - Film The Da Vinci Code merupakan film bergenre misteri thriller yang dijadwalkan tayang di salah satu stasiun tv pada Rabu (28/2/2024) pukul 21.00 WIB. Film ini diperankan oleh sejumlah aktor populer mulai dari Tom Hanks, Audrey Tautou, hingga Jean Reno.

The Da Vinci Code digarap oleh Ron Howard seorang sutradara dan produser terkenal yang pernah menggarap film seperti A Beautiful Mind hingga Apollo 13. Film berdurasi 2 jam 29 menit ini pertama kali dirilis pada tahun 2006.

Film ini merupakan adaptasi dari novel berjudul sama karya Dan Brown dan naskahnya digarap oleh penulis Akiva Goldsman. Akiva dikenal sebagai penulis yang telah terlibat dengan film populer seperti Cinderella Man, Batman & Robin, dan A Beautiful Mind.

Mengangkat genre misteri dan thriller The Da Vinci Code memiliki premis tentang kejadian pembunuhan di dalam Louvre. Serta adanya petunjuk dalam lukisan Da Vinci yang mengarah kepada penemuan misteri agama yang dilindungi oleh sebuah perkumpulan rahasia.

Film The Da Vinci Code mendapatkan rating yang tidak begitu tinggi di situs Rotten Tomatoes. Diketahui film ini hanya meraih skor kecil yaitu sekitar 25% dari total 231 suara.

Menurut salah satu penonton, film ini menarik untuk disaksikan, tetapi terlalu berfokus pada cerita bukunya sehingga tidak terlalu menghibur penonton. Pengguna lain menuturkan bahwa film ini masih menghibur terutama dengan peran pemainnya yang berbakat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sinopsis The Da Vinci Code

Menceritakan tentang seorang profesor simbologi dan ikonografi religius di Universitas Harvard bernama Robert Langdon (Tom Hanks). Suatu hari, ia dituduh sebagai pembunuh Jacques Sauniere (Jean-Pierre Marielle) kurator Museum Louvre dan Grand Master Biarawan Sion.

Robert pun berusaha untuk membuktikan bahwa dirinya tidak bersalah dan bekerja sama dengan Sophie Neveu (Audrey Tautou). Ia merupakan seorang kritolog dan juga cucu dari Sauniere.

Keduanya bekerja sama mengikuti petunjuk yang ditinggalkan oleh Sauniere dan melalui perjalanannya mereka mengungkap kebenaran tersembunyi tentang Gereja Katolik. Mereka mengungkap rahasia besar yang dipegang teguh oleh Gereja Katolik seputar Yesus Kristus dan Maria Magdalena.

3 dari 4 halaman

Daftar Pemain Film The Da Vinci Code

Melansir dari IMDb berikut ini adalah daftar pemeran dari film tersebut:

1. Tom Hanks sebagai Robert Langdon.

2. Audrey Tautou sebagai Sophie Neveu.

3. Jean Reno sebagai Captain Bezu Fache.

4. Ian McKellen sebagai Sir Leigh Teabing.

5. Paul Bettany sebagai Silas.

6. Alfred Molina sebagai Bishop Manuel Aringarosa.

7. Jurgen Prochnow sebagai Andre Vernet.

8. Jean Yves Berteloot sebagai Remy Jean.

9. Etienne Chicot sebagai Lt. Collet.

10. Jean Pierre Marielle sebagai Jacques Sauniere.

11. Marie-Francoise Audollent sebagai Sister Sandrine.

12. Rita Davies

13. Francesco Carnelutti.

14. Seth Gabel.

15. Shane Zaza.

4 dari 4 halaman

Fakta Menarik Film The Da Vinci Code

Melansir dari beberapa sumber berikut ini adalah fakta-fakta menarik dari film The Da Vinci Code:

1. Diadaptasi dari novel kontroversial

Film The Da Vinci Code diadaptasi dari novel laris yang kontroversial karya Dan Brown. Diketahui novel ini pertama kali rilis di tahun 2003 dan mendapatkan sejumlah kritikan hingga kontroversi.

Pasalnya buku tersebut dinilai menodai iman kristiani dan mengklaim berbagai representasi keliru terkait aspek-aspek inti Kekristenan dan sejarah Gereja Katolik Roma.

2. Pejabat dari Westminster Abbey di Inggris menolak pembuatan film di Abbey

Ketika proses produksi film ini pejabat dari Westminster Abbey di Inggris sempat menolak mengizinkan pembuatan film tersebut dilakukan di Abbey. Diketahui alasan penolakan tersebut karena bukunya “secara teologis tidak masuk akal.

Sehingga, sebaliknya pembuatan film pun dilakukan di Katedral Lincoln yang berlokasi di Inggris bagian timur.

3. Mendapati perdebatan

Sama seperti novelnya film ini tentu dianggap kontroversi karena interpretasi fiksinya terhadap sejarah agama. Bahkan film ini  memicu perdebatan dan diskusi terkait keyakinan agama dan penggambaran peristiwa sejarah dan simbolis agama yang bersifat fiksi.

Meskipun mendapatkan perdebatan film The Da Vinci Code berhasil meraih kesuksesan di Box Office. Filmnya meraup lebih dari $750 juta di seluruh dunia mengingat alur ceritanya yang kontroversi dan pemerannya yang bertabur bintang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini