Sukses

Banjir dan Longsor Melanda Sejumlah Tempat di Kepulauan Mentawai Sumbar

Banjir merendam rumah warga dan juga fasilitas umum.

Liputan6.com, Mentawai - Banjir dan longsor menerjang sejumlah daerah di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Banjir merendam rumah warga dan juga fasilitas umum.

Banjir yang melanda sejak Rabu (21/4/2024) terjadi di dua kecamatan di Kepulauan Mentawai, yakni Kecamatan Sipora Utara di Desa Tuapejat, Desa Sido Makmur dan Desa Bukit Pamewa. Kemudian Kecamatan Sipora Selatan banjir merendam Desa Saurenuk.

Kepala Desa Sido Makmur, Shohib mengatakan ketinggian banjir mencapai 500 centimeter hingga 1 meter pada Rabu 21 Februari 2024.

"Di desa saya puluhan rumah ikut terendam banjir yang dipicu oleh hujan lebat sejak Selasa 20 Februari 2024 malam," jelasnya, Kamis (22/2/2024).

Ia menyebut saat ini warga sudah mulai berbenah, karena kondisi cuaca yang mulai cerah.  Selain banjir, di sebuah rumah juga dilaporkan rusak akibat tertimpa longsor perbukitan.

"Kondisi rumahnya terbelah, tertimpa longsoran tanah perbukitan," sebutnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kata Kepala BPBD Mentawai

Sementara itu Kepala BPBD Mentawai Novriadi menyampaikan, banjir disebabkan oleh hujan deras yang mengguyur, namun hari ini banjir sudah surut.

Selain rumah, lanjutnya, juga terdapat jalanan yang longsor di tiga titik. Pihaknya sudah turun ke lapangan membantu masyarakat dan memberikan bantuan kepada korban banjir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.