Sukses

Hari Pekerja Indonesia Diperingati Setiap 20 Februari, Berikut Sejarahnya

Saat ini, masyarakat Indonesia tengah memperingati Hari Pekerja Indonesia yang jatuh pada tanggal 20 Februari setiap tahunnya.

Liputan6.com, Bandung - Peringatan Hari Pekerja Indonesia diperingati setiap tanggal 20 Februari setiap tahunnya. Peringatan tersebut menjadi momen yang penting untuk diketahui masyarakat terutama untuk menyatukan kaum pekerja Indonesia.

Hari Pekerja Indonesia mempunyai tujuan untuk menghargai serta merayakan kontribusi besar para pekerja Indonesia. Pasalnya, para pekerja telah berpartisipasi dalam memajukan bangsa dengan meningkatkan kondisi kerja yang ada di Indonesia.

Selain itu, para pekerja mempunyai peran yang penting untuk memajukan pembangunan nasional. Karena pekerja lah yang mendorong utama adanya pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Melalui dedikasi dan kerja kerasnya para pekerja secara tidak langsung telah menggerakkan roda industri dan menghasilkan kemajuan untuk bangsa. Para pekerja juga mempunyai peran pentingnya masing-masing dari berbagai sektor.

Mulai dari sektor pendidikan, kesehatan, pelayanan publik, industri, dan masih banyak lagi. Pekerja juga melalui banyak tantangan terutama yang masih menjadi perhatian saat ini adalah rendahnya upah yang tidak sebanding dengan biaya hidup yang meningkat.

Serta hak-hak pekerja lainnya yang masih belum merata di antara para pekerja di Indonesia. Maka dari itu, hadirnya peringatan Hari Pekerja Indonesia menjadi pengingat penting bagi sosok para pekerja.

Peringatan ini juga menjadi harapan untuk bisa menciptakan kesadaran di antara publik tentang para pekerja. Serta mengetahui tantangan apa yang biasanya dihadapi oleh para pekerja di negeri ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah Hari Pekerja Indonesia

Melansir dari situs Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat peringatan Hari Pekerja Indonesia jatuh pada tanggal 20 Februari dengan tujuan untuk mempersatukan semangat kaum pekerja Indonesia.

Penetapannya sendiri turut tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 9 Tahun 1991 tentang Hari Pekerja Indonesia. Melalui Keppres tersebut disebutkan bahwa peringatan Hari Pekerja Indonesia diperingati setiap tanggal 20 Februari dan tidak termasuk libur nasional.

Sementara itu, peringatan ini berawal dari peristiwa lahirnya Federasi Buruh Seluruh Indonesia (FBSI). Disebutkan bahwa Deklarasi Persatuan Buruh Indonesia tanggal 20 Februari 1973 menjadi sejarah bersatunya para pekerja di Indonesia.

Kemudian, berdirinya FBSI juga berdasarkan dari keinginan dari berbagai Serikat Pekerja yang ada di berbagai perusahaan. Sehingga, para pemimpin serikat pekerja tersebut berusaha mewujudkan aspirasi para pekerja dan Ketua Umum FBSI pertama yang terpilih adalah Agus Sudono.

3 dari 4 halaman

Perubahan Nama FBSI

Pada kongres yang berlangsung tanggal 23 hingga 30 November 1985 nama FBSI mengalami perubahan menjadi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI). Perubahan nama tersebut diharapkan bisa menumbuhkan jati diri di antara kalangan pekerja Indonesia.

Selain itu perubahan namanya diharapkan bisa meningkatkan kebanggan dari para pekerja di Indonesia. Terutama untuk memotivasi pengabdiannya untuk pembangunan nasional dengan berlandaskan sistem Hubungan Industrial Pancasila.

Sementara itu pihak Pemerintahan Indonesia juga menyadari bahwa perlu adanya penetapan tanggal untuk mengapresiasi kehadiran para pekerja. Sehingga ditetapkan tanggal 20 Februari sebagai Hari Pekerja Nasional atau Hari Pekerja Indonesia (Harpekindo).

4 dari 4 halaman

10 Ucapan untuk Merayakan Hari Pekerja Indonesia

Berikut ini adalah sejumlah inspirasi ucapan untuk merayakan Hari Pekerja Indonesia:

1. “Selamat Hari Pekerja! Pada hari ini kita harus merayakan dan mengenang bagaimana usaha kita sebagai pekerja di Indonesia!”

2. “Selamat memperingati Hari Pekerja Indonesia! Mari kita jadikan momen ini sebagai waktu untuk menghargai dan menghormati bagaimana peran penting para pekerja untuk memajukan bangsa”

3. “Selamat Hari Pekerja! Mari kita tingkatkan solidaritas di antara para pekerja dan terus perjuangan keadilan sosial bagi semua”

4. “Pekerja merupakan sosok penting untuk pembangunan suatu bangsa. Maka dari itu, Selamat Hari Pekerja Indonesia!”

5. “Pada hari ini kita tengah mengenang perjuangan para pekerja untuk mendapatkan hak-haknya. Maka dari itu hargai para pekerja dan selamat Hari Pekerja Indonesia!”

6. “Selamat Hari Pekerja! Ucapan terima kasih kita sampaikan kepada seluruh pekerja yang ada di Indonesia”

7. “Selamat Hari Pekerja Indonesia! Mari kita terus persatukan perjuangan dan hak-hak pekerja untuk mendapatkan kondisi adil dan aman bagi pekerja”

8. “Selamat memperingati Hari Pekerja Indonesia! Hari ini merupakan momen yang penting untuk mengingat bagaimana keberanian, keuletan, dan semangat juang para pekerja”

9. “Terima kasih kepada para pekerja di seluruh Indonesia atas dedikasi dan kerja kerasnya, Selamat Hari Pekerja Indonesia!”

10. “Selamat Hari Pekerja Indonesia! Mari kita jadikan hari ini sebagai waktu untuk menghargai dan memberikan apresiasi para pekerja yang telah bekerja keras dan berpartisipasi dalam membangun bangsa!”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.