Sukses

Polisi Kawal Ketat Pleno PPK di Rokan Hulu, Antisipasi Kecurangan Kontestan Pemilu

Polisi di Rokan Hulu mengawal ketat seluruh kantor kecamatan yang tengah mengadakan pleno penghitungan suara agar tidak terjadi kecurangan dan mengantisipasi keributan.

Liputan6.com, Pekanbaru - Tidak ada kata istirahat bagi polisi dalam mengamankan pemilihan umum (Pemilu), apalagi setelah hari pencoblosan. Saat masyarakat menikmati liburan hari Minggu, polisi tetap patroli dan memantau pleno penghitungan suara tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK).

Seperti yang dilakukan Polres Rokan Hulu sejak Minggu pagi, 18 Februari 2023. Satuan Sabhara dan Brimob tetap semangat memantau jalannya perhitungan suara agar tidak ada kecurangan dan mengantisipasi keributan.

Kepala Polres Rokan Hulu Ajun Komisaris Besar Budi Setiyono SIK menjelaskan, pleno perhitungan suara di PPK sudah berlangsung sejak 16 Februari 2024. Semua logistik Pemilu sudah ada di kantor kecamatan sehingga wajib diawasi.

"Sebagian kecamatan sudah laksanakan pleno, sebagian lagi belum," kata Budi, Minggu siang.

Adapun kecamatan yang sudah melaksanakan pleno adalah Rambah Hilir. Pleno juga tengah berlangsung di Kecamatan Rambah, Pendalian IV Koto, Pagaran Tapah Darussalam, Tambusai Utara, Kepenuhan, Rambah Samo, Rokan IV Koto dan Kunto Darussalam.

"Besok 19 Februari pleno di Kecamatan Bangun Purba, Kabun, Tandun, Ujung Batu, Tambusai, Kepenuhan Hulu dan Bonai Darussalam," jelas Budi.

Budi menerangkan, pengamanan pleno tingkat PPK merupakan upaya dari Polres Rohul mencegah adanya pihak-pihak atau simpatisan yang membuat kerusuhan di PPK karena tidak terima dengan hasil Pemilu 2024.

"Kita sudah separuh perjalanan dalam tahapan Pemilu 2024 ini, setelah tingkat PPK maka hasil pleno dan logistik Pemilu akan bergeser ke KPU Kabupaten kemudian dilaksanakan pleno, pastinya akan dikawal dan amankan," tegas Budi.

Budi berharap semua tahapan pemilu 2024 dapat berjalan damai, aman, dan kondusif. Polres Rohul siap mengawal serta mengamankan seluruh tahapan pemilu 2024 sampai pelantikan calon terpilih.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini