Sukses

TPS Tempat Cawapres Gibran Coblos Bertema Hari Kasih Sayang

Petugas KPPS TPS 034 Kelurahan Manahan menghiasi TPS yang digunakan cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka mencoblos dengan tema Hari Kasih Sayang. Konsep tersebut diusung lantaran hari pencoblosan jatuh berbarengan dengan Hari Kasih Saya pada Rabu (14/2/2024)

Liputan6.com, Solo - Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka akan menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 034 Kelurahan Manahan, Solo pada Rabu (14/2/2024). TPS yang menempati halaman Urban Soccer Field itu mengusung tema Valentine’s Day atau Hari Kasih Sayang dengan dekorasi yang didominasi warna pink.

TPS yang beralamat di Jalan Ahmad Yani No 321 RT 4 RW 13, Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari, Solo itu menempati halaman Urban Soccer Field yang merupakan tempat persewaan lapangan futsal. Persiapan untuk mendirikan TPS itu telah dilakukan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 034 Manahan sejak hari Senin kemarin dengan memasang tenda.

Sedangkan pada hari ini, mereka kembali melanjutkan persiapan di TPS dengan memasang kain penutup, kain dekorasi hingga menata meja dan kursi di. Kain dekorasi yang terpasang di TPS Gibran dan istrinya Selvi Ananda itu didominasi dengan warna pink karena sesuai dengan konsep peringatan Hari Kasih Sayang yang jatuh bertepatan dengan hari pencoblosan, Rabu (14/2/2024).

Selain itu, petugas KPPS juga memasang banner bertuliskan ‘Selamat Datang di TPS 34 Manahan’ yang dilengkapi gambar simbol ‘saranghae’ atau cinta dengan menyilangkan ibu jari dan telunjuknya. Banner itu juga tak luput dari warna kombinasi pink dan putih. Rencananya ‘tanda cinta’ itu akan dipasang di bagian depan TPS untuk menyambut para pemilih yang akan mencoblos.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Ada Perlakuan Istimewa

Ketua KPPS TPS 034 Kelurahan Manahan, Heru Mawanto menjelaskan yang melatarbelakangi untuk mengusung tema Hari Kasih Sayang di TPS karena hari pencoblosan berbarengan dengan Valentine’s Day. Alhasil, dekorasi di TPS tersebut didominasi dengan warna pink yang identik dengan Hari Kasih Sayang.

“Kebetulan Pemilu-nya pas di tanggal 14 Februari dan itu biasanya Hari Valentine sehingga mengambil tema valentine dengan background warna-warna pink,” kata dia.

Heru menjelaskan TPS 034 Manahan akan menjadi lokasi cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka dan istrinya, Selvi Ananda mencoblos pada Pemilu 2024, Rabu (14/2/2024) besok. Meskipun salah satu kandidat di pemilihan presiden akan mencoblos di TPS itu, tetapi pihak panitia tidak akan memberikan pelayanan istimewa. 

“Untuk cawapres atas nama Gibran dan istrinya Selvi itu masuk di DPT ini 034 jadi dia akan mencoblos di sini. Dari dulu keluarga Pak Jokowi kan (mencoblos) di sini. Kita tidak pernah memperlakukan secara khusus, dari dulu pelayanannya seperti masyarakat biasa,” ucapnya.

Sementara itu, berdasarkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS 034 Manahan tercatat sebanyak 182 pemilih. Dari daftar tersebut hanya Gibran dan Selvi Ananda yang memilih di TPS itu, sedangkan, Presiden Jokowi dan Ibu Negara serta putra bungsunya Kaesang Pangarep sudah tidak tercatat di DPT tersebut.

“Dulu keluarga Presiden Jokowi kalau mencoblos di TPS ini. Tapi sekarang hanya Gibran dan Selvi. Untuk Kaesang sudah pindah,” ujar dia.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.