Sukses

6 Bulan Menuju Porwanas XIV, Ketua PWI Pusat Tinjau Venue Pembukaan

Mulai dari persiapan lokasi pembukaan hingga koordinasi dengan Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor yang akrab disapa Paman Birin

Liputan6.com, Banjarbaru - Enam bulan menuju pelaksanaan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV Tahun 2024 di Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Agustus nanti, berbagai hal dilakukan untuk menyukseskan perhelatan tersebut. Mulai dari persiapan lokasi pembukaan hingga koordinasi dengan Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor yang akrab disapa Paman Birin.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Hendry Ch Bangun bersama Sekretaris Sayid Iskandarsyah, Ketua Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) Agus Susanto, Sekretaris Siwo Erly Bahtiar, dan Bendahara Siwo Herwan Pebriansyah tiba di bumi Lambung Mangkurat dan langsung meninjau lokasi pembukaan di Kota Banjarbaru. 

"Jadi hari kami melihat lokasi pembukaan Porwanas yang akan di adakan pada Agustus mendatang, ini gedung baru dan dan kita sudah melihat secara langsung, ini untuk pembukaan kapasitas dan kondisinya saya kira sangat memadai," sebut Hendry Ch Bangun didampingi oleh Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmie, Minggu (04/02/2024). 

Ia juga menyebutkan jika rencana venue pertandingan sebagian besar berlokasi di Kota Banjarmasin, kemudian juga di Kabupaten Banjar, berbeda dengan lokasi pembukaan. Hal tersebut menurutnya tidak menjadi permasalahan. 

Adapun cabang yang dipertandingkan pada Porwanas tahun ini yakni 10 cabang olahraga dan satu cabang jurnalistik yang terdiri dari empat kategori, karya tulis, reportase radio, fotografi, dan videografi.

"Porwanas ini tidak hanya olahraganya, tapi juga ada kegiatan jurnalistik dan khususnya itu mengenai rencana Geopark Meratus," lanjut Ketua PWI Pusat itu. 

Menurutnya melalui cabang jurnalistik ini, nantinya akan membahas tentang Geopark Meratus. Program Pemprov Kalsel yang sejalan dengan program penyelamatan lingkungan, aset-aset alam seperti pegunungan Meratus yang sudah diusulkan ke UNESCO menjadi geopark. 

Hendry Ch Bangun juga menekankan, perhelatan dua tahunan ini sebagai media silaturahmi antar wartawan tingkat nasional. Ini diharapkan berjalan dengan baik, berjalan dengan lancar, dan sukses. 

"Tentunya ini sebagai ajang silahturahmi wartawan, maksudnya Porwanas akan dijadikan pula sebagai peningkatan wawasan dan kompetensi khususnya di bidang peliputan," imbuhnya.

"Kalau kita lihat dari semua provinsi kita sekarang ada 38 plus Solo ada 39, nah itu jika masing-masing membawa 50 orang sebagai peserta dan penggembira yaitu ribuan," tutupnya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persiapan Venue Pembukaan

Sementara itu, Pemprov Kalsel dalam hal ini Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Solhan melalui Kepala Seksi Tata Bangunan Bidang Cipta Karya, Syamsul Bahri menjelaskan jika GOR sejatinya sudah rampung, hanya saja tinggal menambah sarana dan fasilitas penunjang.

"Persiapannya saat ini masih penyempurnaan gedungnya, meski gedung ini sudah selesai 100 persen," kata dia.

Namun menurutnya ada beberapa penambahan fasilitas seperti layar di dalam gedung dan termasuk akses jalan menuju GOR yang belum diaspal. 

Sebagai tuan rumah, Ketua SIWO PWI Kalsel, Irwansyah mengungkapkan persiapan Porwarnas sudah berjalan sesuai rencana.

"Insya Allah kita sudah siap menjadi tuan rumah, kalau dari pengamatan jelas GOR ini yang pasti baru dibangun dan sangat bagus, sangat ideal sebagai tempat pembukaan, selain itu dapat menampung 3.000 orang, jadi sangat bagus," sahut Irwansyah.

Pantia sudan menyiapkan 10 venue cabang olahraga (cabor), dan satu karya jurnalistik. Untuk cabor yang dipertandingkan yakni atletik, tenis lapangan, catur, futsal, sepakbola mini, bulutangkis, esport, biliar, tenis meja, dan olahraga tradisional Balogo. Semua lokasi pertandingan di Banjarmasin, kecuali karya jurnalistik di kawasan Pegunungan Meratus, Desa Belangian Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.