Sukses

Mengenal Wisata di Kebun Raya Bogor, Pemandangan Indah Sekaligus Edukatif

Kebun Raya Bogor bisa menjadi destinasi wisata seru yang tidak hanya memiliki pemandangan indah tetapi juga edukatif.

Liputan6.com, Bandung - Menikmati hari libur tentunya bisa dengan melakukan wisata ke tempat-tempat menarik yang memberikan hiburan bagi pengunjungnya. Selain itu berwisata tidak hanya menikmati keindahan tetapi juga bisa membuka wawasan dengan melakukan wisata edukatif.

Salah satu wisata edukatif yang menarik di Indonesia adalah dengan mengunjungi Kebun Raya Bogor. Tempat ini tidak hanya memberikan keindahan alamnya tetapi juga terdapat taman botani yang membawa pengunjung pada pengalaman yang tidak terlupakan.

Melansir dari situs resmi Kebun Raya Bogor tempat wisata ini mempunyai berbagai pengalaman menarik. Mulai dari wisata alam, edukasi, konservasi, jasa lingkungan, hingga penelitian.

Secara edukasi pengunjung akan mendapatkan banyak informasi terkait bidang botani, konservasi, lingkungan, serta pemanfaatan tanaman. Mengunjungi tempat ini bersama anak-anak juga membuka kesadaran tentang lingkungan dan tanaman.

Pengunjungnya akan mempunyai wawasan baru tentang pelestarian tumbuhan dan membuka kesadaran dalam menjaga tumbuhan. Selain itu, terdapat berbagai jenis tumbuhan secara ex situ atau konservasi di luar habitat asli yang membuka wawasan pengunjung.

Kebun Raya Bogor juga mempunyai keindahan alam yang didukung dengan desain arsitektur dan desain taman yang cantik. Pasalnya, terdapat danau indah, paviliun yang menawan, hingga pemandangan lainnya yang memberikan ketenangan kepada pengunjung.

Sementara itu, para pengunjung juga bisa menggelar piknik dengan membawa makanan dan minuman yang siap saji dan disarankan menggunakan wadah. Tentunya sensasi piknik tersebut akan memberi waktu keluarga yang sangat hangat dan disarankan untuk tetap menjaga kebersihan.

Kebun Raya Bogor sendiri buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB dan harga tiket masuknya cukup terjangkau. Pada hari biasa, tiket masuk reguler sekitar Rp15.500 sementara pada akhir pekan sekitar Rp25.500 dan harga tiket tersebut belum termasuk tiket parkir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wisata Menarik di Kebun Raya Bogor

1. Lokasi Menarik di Kebun Raya Bogor

Mengutip dari situs resminya terdapat tempat-tempat menarik yang ada di Kebun Raya Bogor. Berikut ini adalah lokasi-lokasi menarik yang bisa dinikmati oleh para pengunjungnya:

1. Taman Durian

2. Taman Nepenthes

3. Griya Anggrek

4. Taman Meksiko

5. Taman Astrid

6. Ecodome

7. Taman Kopi

8. Taman Akuatik

9. Taman Teijsmann

10. Taman Anggrek Hitam

11. Monumen Lady Raffles

12. Taman Soedjana Kassan

13. Taman Bambu

14. Taman Orchidarium

15. Monumen Reinwardt

16. Pemakaman Kuno Belanda

17. Monumen Tugu Dua Abad

18. Kolam Gunting

19. Monumen J.J. Smith

20. Taman Obat

21. Taman Araceae

3 dari 4 halaman

Wisata Menarik di Kebun Raya Bogor

2. Museum Zoologi

Kebun Raya Bogor juga mempunyai Museum Zoologi yang telah berdiri sejak 1894 dan diawali dengan berdirinya Landbouw Zoologisch Laboratorium yaitu laboratorium kecil yang ada di kawasan Kebun Raya Bogor yang bertugas mengoleksi serta meneliti serangga pada tanaman pertanian.

Seiring waktu tempat ini menyajikan berbagai jenis fauna lainnya seperti ikan, moluska, amfibi, reptil, burung, hingga mamalia. Meskipun sedikit spesimen yang dipamerkan tetapi koleksi ilmiah di museum ini menjadikannya museum fauna terbesar di Asia Tenggara.

3. Museum Munasain

Museum Munasain atau Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia merupakan museum yang ada di Kebun Raya Bogor yang diresmikan pada 18 Mei 2016 oleh Dr. Achmadi Abas. Museum ini merupakan pengembangan dari Museum Etnobotani Indonesia (MEI) yang diinisiasi oleh Prof Sarwono Prawirohardjo sejak 1962.

Melalui museum ini wisatawan akan melihat sejarah geologi, geografi, dan biogeografi Indonesia. Kemudian evolusi kehidupan manusia dan pengetahuan lainnya yang membuka wawasan untuk wisatawan.

4 dari 4 halaman

Wisata Menarik di Kebun Raya Bogor

4. Fasilitas di Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor mempunyai area yang sangat luas sehingga terdapat beragam fasilitas yang bisa digunakan. Salah satunya menikmati lingkungan sekitar dengan bersepeda atau skuter listrik.

Melansir dari situs resminya terdapat berbagai fasilitas di Kebun Raya Bogor mulai dari sepeda tandem, sepeda anak, golf car, e-bike, shuttle bus, e-scooter, sepeda keranjang, antelope e-bike, hingga MTB.

5. Kuliner di Kebun Raya Bogor

Melansir dari situs resminya Kebun Raya Bogor juga menyajikan tempat kuliner yang bisa dikunjungi. Pasalnya terdapat beberapa tempat makan di antaranya Resto Raasaa, Secret Garden, Kafe Walungan, Raffles Kafe, hingga Stall Kolam Gunting.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.