Sukses

Api Asmara Kaum Muda Kian Memudar, Perusahaan Jepang Ciptakan Pacar Virtual

Koi Suru AI pada dasarnya adalah game dating simulator.

Liputan6.com, Bandung - Perusahaan aplikasi kencan yang berbasis di Tokyo, Jepang, Tapple Inc, menciptakan karakter pacar virtual pada aplikasi atau game smartphone terbarunya bernama Koi Suru AI.

Koi Suru AI pada dasarnya adalah game dating simulator. Ini diatur seperti aplikasi kencan, dan permainannya terdiri dari pertukaran pesan dengan seorang wanita berusia 22 tahun bernama Ai yang tanggapannya dihasilkan menggunakan teknologi AI.

Ai merupakan nama perempuan yang populer di Jepang. Tapi Ai juga menjadi salah satu kata dalam bahasa Jepang untuk menyatakan cinta. Sedangkan koi suru artinya adalah jatuh cinta.

Mengutip laman Japanese Station yang mencuplik dari PR Times, para desainer aplikasi kencan ini mengatakan bahwa hal ini memungkinkan Ai untuk belajar dari percakapannya dengan penggunanya.

Bahkan dapat mengingat minat dan pola gaya hidup penggunanya, dan memungkinkannya untuk memiliki percakapan yang semakin terlibat seiring berjalannya hubungan penggunanya usai terjalinnya keakraban satu sama lain.

Selain dari aspek AI, mungkin terdengar seperti salah satu dari puluhan, bahkan ratusan, dating simulation game yang dirilis di Jepang setiap tahunnya.

Namun, ada sesuatu yang membuat Koi Suru AI sangat berbeda dari karya serupa. Meskipun para pengguna sebelumnya mungkin sudah sangat terbiasa dalam game genre ini.

Tapi ini merupakan hal spesial mendengar perusahaan ini tidak pernah terdengar membuat simulator kencan lain yang dibuat oleh Tapple.

Hal ini karena Tapple bukan pengembang game. Sebaliknya, mereka adalah perusahaan yang menjalankan apa yang mereka klaim sebagai aplikasi kencan terbesar di Jepang untuk manusia, yang juga disebut Tapple.

Menurut statistik internal perusahaan, Tapple memiliki lebih dari 19 juta anggota. Meskipun begitu, perusahaan mengatakan bahwa mereka telah melihat bahwa terutama kaum muda menjadi kurang aktif dalam mengejar asmara dan pernikahan.

Tapi perusahaan ini tidak menutup aplikasi Tapple for-humans, sehingga mereka menambahkan Koi Suru AI ke dalam daftar layanan mereka.

Meskipun beberapa orang mungkin melihat ini sebagai tanda menyerah kepada para anak muda yang tampaknya lebih suka berkencan dengan pasangan 2-D daripada dengan manusia, niat perusahaan sebenarnya sebaliknya.

Tapple bertekad meningkatkan jumlah total asmara di Jepang, yang menurut mereka akan berkontribusi pada mengatasi masalah menurunnya tingkat kelahiran di negara tersebut.

Langkah dari 'bertukar pesan dengan pacar palsu' ke 'memiliki bayi dalam kehidupan nyata' mungkin terdengar sangat panjang, tetapi teori Tapple adalah dengan menyajikan hubungan yang terasa realistis bagi pengguna melalui Koi Suru AI, itu akan memicu keinginan untuk membentuk hubungan romantis yang lebih nyata dengan seseorang yang sebenarnya.

Harapan Tapple adalah bahwa aplikasi Koi Suru AI berfungsi sebagai pembuka selera tentang bagaimana rasanya memiliki hubungan yang bahagia dan stabil, dan setelah merasakannya, para pemain akan ingin mencoba hubungan antar manusia yang sebenarnya.

Mengingat seberapa banyak orang yang termotivasi untuk mencoba hal-hal seperti olahraga, mengemudi, bela diri, atau kegiatan lain setelah menikmati versi digitalnya, mungkin Tapple sedang mengikuti sesuatu yang bermanfaat.

Namun, di sisi lain, ada risiko bahwa hubungan rendah tekanan dan rendah risiko yang diberikan oleh Koi Suru AI dapat memperkuat ketidaksukaan pemain terhadap drama dan penderitaan potensial dalam dunia kencan manusia yang asli, membawa mereka pada kesimpulan bahwa romansa simulasi adalah pilihan yang lebih memuaskan secara pribadi.

Akan menarik melihat bagaimana hal-hal berakhir untuk Tapple, tetapi untuk sementara waktu, Koi Suru AI, yang dapat diunduh secara gratis untuk perangkat iOS, dapat ditemukan di App Store di sini.

Dan jika tidak berjalan seperti yang diharapkan oleh perusahaan, mungkin aplikasi kencan resmi pemerintah Tokyo yang akan datang akan berhasil lebih baik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

7 Aplikasi Kencan Populer di Jepang

Tapple sendiri menduduki peringkat ke empat aplikasi kencan yang kerap digunakan oeh warga Jepang pada tahun 2020 lalu dari tujuh aplikasi kencan yang digandrungi kaum muda.

Dilansir Japanese Station mencuplik dari Savvy Tokyo, ada puluhan aplikasi kencan online atau deai-kei yang tersedia.

Tetapi bagaimana caranya tahu mana yang terbaik dan akan membantu menemukan siapa atau apa yang kamu cari? Berikut ini adalah aplikasi kencan online yang populer dan terbaik di Jepang tahun 2020 menurut para wanita asing yang tinggal di Jepang.

1. Tinder

Aplikasi kencan online yang satu ini tidak membutuhkan pengenalan. Meskipun kebanyakan orang di Tinder 'hanya melihat-lihat', jika Anda aktif mencoba, Anda tidak hanya dapat bertemu teman kencan, tetapi juga teman baru, teman minum, teman sepekerjaan, dan teman sehobi.

Pada tahun 2020 lalu, Tinder mulai menawarkan paspor globalnya gratis untuk semua pengguna. Itu memungkinkan pengguna untuk terhubung dan berkomunikasi dengan lebih baik.

Biaya: Gratis, fitur khusus memerlukan langganan bulanan

Peringkat Asli: 4 bintang

Peringkat 2020: 5 bintang

2. Bumble

Bumble memasarkan dirinya sebagai aplikasi kencan online dimana wanita yang maju lebih dulu. Jika wanitanya tidak mengirim pesan, maka 'match' akan hilang setelah 24 jam. Aplikasi ini semakin populer karena opsi 'wanita dapat memilih'.

Salah satu wanita yang menemukan pacar Jepang-nya dari Bumble, yang ikut dalam survei ini mengatakan: "Ada banyak pria di sana, dan kebanyakan dari mereka tidak menggunakan aplikasi lain. Kamu tidak akan menemukan banyak profil palsu di Bumble seperti yang kamu temukan di aplikasi lain."

Pada tahun 2020, aplikasi ini tidak hanya digunakan untuk berkencan, tetapi juga untuk peluang bisnis dan berteman.

Di dalam aplikasi, Anda dapat beralih dari satu fitur ke fitur lainnya, yang membuatnya sangat serbaguna untuk komunitas global, dan juga cara yang bagus untuk tetap berhubungan dan membangun lingkaran sosial dari jarak yang aman.

Biaya: Gratis, fitur khusus memerlukan langganan bulanan

Peringkat Asli: 4½ bintang

Peringkat 2020: 5 bintang

3. Omiai

Situs dan aplikasi kencan online terbesar di Jepang yang mengandalkan profil Facebook atau ID Apple dan nomor telepon untuk mencari pasangan ideal. Tetapi jika Anda bukan mencari hubungan yang serius, Omiai mungkin bukan aplikasi yang tepat.

Ada 24 poin yang dapat digunakan untuk memfilter hasil Anda, termasuk kebangsaan dan tingkat pendapatan, yang menurut beberapa pengguna membuat situs ini tampak lebih untuk mencarian sugar daddy daripada pasangan. Tetapi secara keseluruhan, tidak ada yang memiliki keluhan serius tentang situs ini.

Untuk para pencari pasangan di tahun 2020 dengan kemampuan bahasa Jepang, Omiai telah mengubah labelnya menjadi lebih dari mode ramah Tinder atau Instagram, dan secara ketat memfokuskan pada menjadi aplikasi hubungan atau pernikahan-sentris.

Jika Anda benar-benar ingin bertemu pasangan untuk diajak menikah, Omiai mungkin jadi pilihan terbaik.

Biaya: Gratis untuk wanita, ¥1.950 per bulan (paket 12 bulan) untuk pria

Peringkat Asli: 4 bintang

Peringkat 2020: 4 bintang

4. Tapple

Tapple adalah aplikasi kencan online di mana alih-alih mengisi profil sendiri dan mencari orang, Anda harus mengisi kualifikasi pria seperti apa yang diminati, dan kemudian bergabung dengan berbagai grup berdasarkan hobi.

Kemudian, Anda akan diperlihatkan sejumlah pria yang memiliki minat yang sama dan memenuhi kriteria yang diinginkan.

Berkat banyak pembaruan, layanan seperti Tinder, ditambah TV dan iklan online pada tahun 2020, Tapple telah menjadi aplikasi yang sangat kompetitif, disukai oleh mereka yang berusia 20-an dan mencari hubungan yang dapat menghasilkan sesuatu yang lebih.

Ditambah lagi, jumlah orang yang ingin memulai dengan perlahan dan online di sini membuatnya ideal bagi mereka yang menginginkan hubungan tetapi belum ingin pergi ke luar dulu.

Biaya: Gratis untuk wanita, biaya langganan bulanan untuk pria

Peringkat Asli: 2½ bintang

Peringkat 2020: 4 bintang

5. YYC

Menurut situs webnya, YYC telah ada selama 20 tahun dan masih mencantumkan dirinya sebagai layanan kencan terbesar di Jepang.

Saat bergabung, kamu akan diberikan 300 poin yang dapat digunakan untuk meet and match dengan orang lain berdasarkan kualifikasi kamu. Sebagian besar pengguna layanan ini adalah profesional muda.

YYC adalah situs kencan yang dirancang untuk orang-orang yang ingin menggabungkan ruang blog LiveJournal dengan gaya hidup influencer Instagram.

Jadi jika Anda bukan tipe yang sering memperbarui dan mengirim pesan, Anda mungkin merasa situs ini lebih merepotkan daripada yang lain.

Biaya: Gratis untuk wanita, biaya langganan bulanan / sistem poin untuk pria

Peringkat Asli: 3½ bintang

Peringkat 2020: 3 bintang

6. Pairs

Situs ini dan aplikasi terkaitnya menggunakan profil Facebook, tetapi memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan nama lengkapnya dan menggunakan inisial. Target audiens mereka cenderung ke pria Jepang yang lebih muda.

"Ada banyak pria yang bisa dipilih, tetapi mereka yang tertarik untuk menjalin hubungan serius dengan orang asing sangat sedikit, setidaknya menurut pengalaman saya," menurut seorang pengguna.

"Saya masih menggunakannya, dan terkadang bisa menemukan seseorang yang baik. Ini lebih berhasil daripada beberapa aplikasi lain di luar sana."

Biaya: Gratis untuk wanita, biaya langganan bulanan untuk pria

Peringkat Asli: 3 bintang

Peringkat 2020: 3 bintang

7. Zexy Koimusubi

Zexy Koimusubi adalah aplikasi kencan online yang merupakan bagian dari perusahaan layanan pernikahan Jepang yang populer.

Aplikasi ini secara keseluruhan bekerja dengan prinsip pencocokan yang sama, berdasarkan minat yang sama, dan menggunakan profil Facebook untuk mengumpulkan data ini, tetapi tampaknya memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi.

"Saya bertemu suami saya di situs ini, jadi tentu saja saya akan merekomendasikannya kepada siapa pun yang serius tentang pernikahan, memiliki anak, dan tinggal di Jepang. Itu berhasil, jika kamu benar-benar jujur pada diri sendiri tentang apa yang kamu cari." (Jane, Amerika, 31)

Biaya: biaya awal ¥108 untuk wanita (untuk keperluan pemeriksaan identitas), biaya bulanan untuk pria

Peringkat Asli: 4 bintang

Peringkat 2020: 4½ bintang

Jika Anda pindah ke Jepang dengan harapan suasana kencan di negara ini akan jadi sangat menyenangkan dan penuh kegembiraan harus disertakan aspek realitisnya.

Rasa malu yang dikombinasikan dengan kendala bahasa dan budaya, ditambah lagi dengan masalah menurunnya rasa jatuh cinta dilangangan kaum muda yang kini membuat kencan menjadi hal yang lebih sulit dilakukan daripada biasanya.

Anda dapat mencari solusinya dengan menggunakan aplikasi kencan tersebut. Bukan rahasia lagi, apabila Jepang mengalami krisis penduduk.

Perkiraan populasi anak Jepang turun selama 42 tahun berturut-turut mencapai rekor terendah baru-baru ini.

 

3 dari 3 halaman

Jumlah Penduduk Jepang Menurun

Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida, pada Maret 2023 lalu menyerukan untuk menerapkan langkah-langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk meningkatkan angka kelahiran.

Jumlah anak berusia 14 tahun atau lebih muda, termasuk orang asing, adalah 14,35 juta pada 1 April, turun sekitar 300.000 dari tahun sebelumnya, menurut data dari kementerian dalam negeri.

Rasio anak-anak terhadap keseluruhan populasi Jepang adalah 11,5 persen, turun 0,2 poin dari persentase, yang juga merupakan angka terendah sejak 1950 ketika data perbandingan tersebut tersedia.

Pemerintah bulan Februari 2023 membentuk Badan Anak dan Keluarga untuk mengawasi kebijakan penitipan anak dan sedang mempertimbangkan berbagai langkah, seperti mengamankan sumber daya keuangan bagi rumah tangga yang mengasuh anak, meskipun masih ada keraguan apakah inisiatif tersebut dapat efektif atau tidak dalam membalikkan angka kelahiran yang menurun.

Dilansir oleh Japanese Station, data PBB menyebutkan Jepang memiliki rasio terendah di antara 36 negara dengan populasi lebih dari 40 juta, di belakang Korea Selatan dengan 11,6 persen dan Italia dengan 12,4 persen.

Berdasarkan jenis kelamin, anak laki-laki mencapai 7,35 juta dari total jumlah anak, serta anak perempuan mencapai 7 juta menurut data dari Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi.

Ada 3,21 juta anak antara usia 12 dan 14 tahun, dibandingkan dengan 2,43 juta anak hingga usia 2 tahun, menunjukkan tren yang berkelanjutan dari jumlah anak yang lebih sedikit di antara demografi yang lebih muda.

Setelah mencapai puncaknya pada tahun 1954 sebesar 29,89 juta kemudian mengalami ledakan bayi kedua pada awal tahun 1970-an, setelah itu populasi anak Jepang terus menurun sejak tahun 1982.

Data pemerintah juga menunjukkan bahwa per Oktober, telah terjadi penurunan populasi anak di seluruh 47 prefektur Jepang.

Prefektur selatan Okinawa memiliki rasio keseluruhan anak tertinggi sebesar 16,3 persen, sedangkan Prefektur Akita di timur laut Jepang memiliki rasio terendah sebesar 9,3 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini