Sukses

Wanita Korban Tindak Asusila Pegawai BMKG Bonebol Buat Petisi Minta Dukungan

Para korban Oknum Pegawai Badan Meteorologi dan Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Bone Bolango (Bonebol) membuat petisi agar mendapat dukungan publik.

Liputan6.com, Gorontalo - Para korban seorang pegawai Badan Meteorologi dan Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Bone Bolango (Bonebol), Gorontalo membuat petisi agar mendapat dukungan publik.

Dalam petisi itu, para korban yang didominasi kaum perempuan merasa terpukul dan geram atas tindakan RE yang telah merekam bagian intim wanita dalam toilet tempat mereka bekerja.

"Kami para penandatangan petisi ini, merasa sangat terpukul dan marah dengan tindakan RE," tulis para korban melalui sebuah petisi yang diterima Liputan6.com.

Menurut mereka bahwa aksi yang dilakukan RE adalah pelanggaran serius. Sebab, privasi, martabat dan harga diri perempuan sudah dilecehkan.

"Menurut data dari Komnas Perempuan tahun 2020, ada peningkatan kasus kekerasan seksual sebesar 14% dibandingkan tahun sebelumnya," lanjut isi petisi.

Fakta ini menunjukkan, bahwa masih banyak individu seperti RE oknum pegawai BMKG yang melakukan tindakan asusila tanpa rasa takut akan hukuman.

"Kami mendesak pihak berwenang untuk memberikan hukuman yang adil dan setimpal bagi RE atas tindakan asusilanya," tulis mereka.

Hukum harus ditegakkan dengan keras agar dapat memberikan efek jera kepada pelaku serta mencegah terjadinya kasus serupa di masa depan.

"Tolong bantu kami dalam memperjuangkan keadilan ini dengan menandatangani petisi ini," demikian isi petisi tersebut.

Sebelumnya, kasus ini sudah dilaporkan pegawai kemudian melaporkannya ke Polres Bone Bolango. Meski kasus ini sudah dilaporkan sejak bulan Oktober, hingga kini belum ada kejelasannya.

Sementara itu, Kapolres Bone Bolango AKBP Muhammad Ali ketika dikonfirmasi mengenai kasus tersebut bilang, jika saat ini pihaknya sudah melakukan serangkaian penyelidikan. Tidak hanya itu, telah dilakukan juga gelar perkara dan kasus ini naik ke tahap penyidikan.

“Sudah digelar 2 hari yang lalu di ruangan Kasat Reskrim. Posisi kasus naik sidik, rencana tindak lanjut periksa digital forensik,” ia menandaskan.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kronologi Kejadian

Sebelumnya, seorang pegawai BMKG Stasiun Bone Bolango (Bonebol) berinisial RE(33) diduga mengambil video teman kerjanya di sebuah toilet kantor.

Hampir semua rekan kerja perempuan ikut terekam saat melakukan aktivitas dalam toilet. Aksi itu diduga dilakukan RE sudah lama dan baru diketahui para korbannya bulan Oktober 2023 lalu.

Aksi tak terpuji RE terbongkar ketika ada yang mulai curiga dengan gerak-gerik RE. Selain itu, aksi RE dikuatkan dengan adanya penemuan sebuah botol pembersih lantai yang berisi handphone iPhone yang diduga milik pegawai BMKG.

Handphone tersebut pertama kali ditemukan oleh petugas kebersihan kantor BMKG Bone Bolango. Petugas kebersihan yang melihat ada yang tak biasa, kemudian mengangkat botol itu. Ternyata didalamnya terdapat sebuah handphone yang diduga milik pelaku RE.

Handphone tersebut diduga sengaja diletakan di dalam botol pembersih lantai agar tidak ketahuan pegawai lain. Selain itu posisi kamera handphone di dalam botol sudah diatur sedemikian sedemikian rupa, agar bisa merekam aktivitas dalam toilet. Merasa keberatan dengan kelakuan RE, salah satu pegawai kemudian melaporkannya ke Polres Bone Bolango.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.