Sukses

Ada 732 Calon Jemaah Haji Sulut Berangkat ke Tanah Suci Tahun Ini

Sarbin Sehe mengatakan, pelunasan biaya ibadah haji tahap pertama dapat dilakukan bagi jamaah yang memenuhi kriteria yang ditetapkan.

Liputan6.com, Manado - Untuk musim Haji tahun 2024 atau 1445 Hijriah, Provinsi Sulut memberangkatkan sebanyak 732 calon jemaah haji (CJH) ke Tanah Suci untuk menunaikan rukun Islam kelima tersebut. Hal ini disampaikan Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Sulut H Sarbin Sehe, Jumat (12/1/2024).

“Ada sebanyak 732 calon jemaah haji yang diberangkatkan tahun ini. Pelunasan biaya ibadah haji tahap pertama dapat dilakukan bagi jemaah yang memenuhi kriteria yang ditetapkan,” ungkap Sarbin Sehe.   

Kriteria itu meliputi jemaah haji reguler yang memiliki nomor urut porsi keberangkatan ibadah haji 1445 H/2024 M, jemaah haji reguler yang masuk prioritas lanjut usia.

“Selanjutnya adalah jemaah haji reguler yang masuk dalam urutan nomor porsi cadangan,” ujarnya.

Dia mengatakan, para CJH diharapkan bisa selalu menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh agar bisa memenuhi kemampuan kesehatan selama menjalankan ibadah haji. Ibadah haji merupakan ibadah fisik yang memerlukan kondisi tubuh yang sehat dan prima.

“Oleh karena itu, kepada calon jemaah haji  agar senantiasa menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh,” ujarnya.

Jumlah jemaah haji asal Indonesia yang akan diberangkatkan dalam penyelenggaraan ibadah haji 1445 Hijriah atau 2024 Masehi mencapai 241.000 orang. Ini sesuai dengan kesepakatan perhajian antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

Secara nasional, jumlah jemaah haji yang diberangkatkan meliputi 221.000 orang untuk kuota normal dan 20.000 orang yang merupakan kuota tambahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.