Sukses

Kontainer Logistik Pemilu Didistribusikan di Riau, Personel PJR Kawal Ketat Sampai Tujuan

Personel Satuan Patroli Jalan Raya Direktorat Lalu Lintas Polda Riau mengawal distribusi kontainer berisi surat suara Pemilu 2024 ke Kota Pekanbaru.

Liputan6.com, Pekanbaru - Puluhan kontainer berisi logistik pemilihan umum (Pemilu) yang diangkat memakai kapal dari Jawa Tengah, sudah tiba di Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Perawang, Kabupaten Siak. Kontainer itu selanjutnya dibawa ke berbagai kabupaten kota di Riau.

Personel Polda Riau mengawal ketat pengiriman ke gudang logistik komisi pemilihan umum (KPU) kabupaten dan kota, salah satunya ke Kota Pekanbaru. Pengamanan ini juga melibatkan personel Satuan Patroli Jalan Raya (PJR) Direktorat Lalu Lintas Polda Riau.

Direktur Lalu Lintas Polda Riau Komisaris Besar Taufiq Lukman Nurhidayat menjelaskan, personel PJR turun mengawal distribusi agar logistik Pemilu berupa surat suara itu aman sampai tujuan.

"Personel PJR Ditlantas Polda Riau memastikan jalur yang dilalui kendaraan pengangkut logistik tanpa hambatan dan gangguan," kata Lukman, Selasa siang, 9 Januari 2024.

Lukman menerangkan, ada 4 personel PJR Polda Riau dilibatkan mengawal distribusi surat suara ke KPU Kota Pekanbaru. Personel membuka jalur yang dilalui menggunakan kendaraan roda empat.

Pengamanan jalan yang dilakukan berjalan lancar. Surat surat sudah tiba di gudang logistik KPU Pekanbaru dan saat ini dalam proses pelipatan.

"Sampai di KPU dengan aman dan lengkap, ini salah satu kegiatan cooling system mewujudkan tahapan pemilu 2024 yang aman, damai dan lancar," kata Lukman.

Sebelumnya, 20 kontainer logistik Pemilu untuk Riau tiba di Pelindo Perawang menggunakan kapal MV Meratus Karimata pada Jumat siang, 5 Januari 2024.

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dikawal Brimob

Kapal menempuh perjalanan beberapa hari dari Pelabuhan Tanjung Mas, Jawa Tengah, setelah keluar dari pabrik percetakannya di Klaten. Kedatangan kapal ini dikawal kapal taktikal Direktorat Polisi Air Polda Riau.

Begitu merapat di pelabuhan, kapal disambut ratusan personel Brimob Polda Riau bersenjata lengkap. Penurunan kontainer memakai derek jangkung ke truk.

Kepala Biro Operasi Polda Riau Komisaris Besar Ronny Lumban Gaol menjelaskan, kedatangan logistik Pemilu ini baru tahap pertama. Dalam beberapa hari ke depan akan ada susulan kapal lain yang mengangkut 19 kontainer berisi benda serupa.

Ronny menjelaskan, Polda Riau menyiagakan 150 personel Brimob di pelabuhan menyambut kedatangan kapal kontainer, ditambah TNI serta satuan lainnya. Polisi memastikan tidak ada gangguan selama kedatangan ataupun distribusi ke daerah.

"Untuk pengiriman nanti dikawal lagi oleh personel Polres tujuan," ucap Ronny.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.