Sukses

Heboh Luna Maya Pakai Sunblock Ketebalan, Apa Bedanya dengan Sunscreen?

Sunblock dan sunscreen ternyata adalah dua jenis perawatan kulit berbeda. Meski sama-sama berfungsi melindungi kulit dari sinar matahari, tetapi keduanya memiliki beberapa perbedaan.

Liputan6.com, Yogyakarta - Unggahan liburan Luna Maya di akun Instagram menuai perhatian publik. Ia tampak memakai sunblock berlebihan di wajah, sehingga terlihat sangat putih.

Sunblock dan sunscreen ternyata adalah dua jenis perawatan kulit berbeda. Meski sama-sama berfungsi melindungi kulit dari sinar matahari, tetapi keduanya memiliki beberapa perbedaan.

Berikut beda sunscreen dan sunblock.

1. Fungsi

Sunblock dan sunscreen berfungsi melindungi kulit dari sinar matahari dengen level berbeda. Sunblock bisa melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB sekaligus, sedangkan sunscreen hanya melindungi kulit dari sinar UVB saja.

Pasalnya, sunscreen bekerja dengan cara menyerap ke dalam lapisan teratas kulit untuk menyerap sinar matahari yang sudah masuk ke dalam kulit. Namun, saat ini sudah banyak sunscreen yang juga dibuat untuk menangkal sinar UVA.

2. Kandungan

Umumnya, sunblock berisi kandungan mineral, seperti titanium dioxide yang termasuk dalam mineral alami. Kandungan ini tidak mudah terurai di bawah sinar matahari.

Sementara itu, sunscreen mengandung bahan kimia aktif yang berfungsi sebagai filter untuk mengurangi penyerapan radiasi sinar UV ke kulit. Kandungan yang biasanya ada pada sunscreen yaitu Octocrylene, Mexoryl XL, SPF, dan PA.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Kerja

3. Cara kerja

Sunblock bekerja dengan cara melakukan perlindungan di atas permukaan kulit, sehingga mampu mencegah sinar UVA san UVB masuk ke dalam kulit. Sementara itu, sunscreen bekerja dengan cara memfilter dan menyerap sinar UV lalu mengubahnya menjadi energi panas yang dikeluarkan melalui kulit.

Hal ini membuat pengguna sunscreen harus mengaplikasikan sunscreen 20 menit sebelum keluar ruangan. Meski cara kerjanya berbeda, pengguna sunblock atau sunscreen harus tetap rutin mengaplikasikan ulang produk ini setiap 2-3 jam.

4. Sunblock atau Sunscreen?

Setelah mengetahui perbedaan sunblock dan sunscreen, maka akan bisa lebih bijak dalam memilih sesuai dengan aktivitas sehari-hari. Sunblock baik digunakan untuk beraktivitas berjam-jam di bawah paparan sinar matahari, seperti berolahraga di luar ruangan atau bermain ke pantai.

Sementara untuk penggunaan sehari-hari atau untuk kegiatan outdoor yang tidak terlalu lama, sunscreen bisa menjadi pilihan tepat. Formula sunscreen lebih ringan dan tidak meninggalkan warna di kulit.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.