Sukses

Mahasiswa IPB yang Hilang di Pulau Sempu Ditemukan Meninggal Dunia

Mahasiswa IPB yang dilaporkan hilang di Pulau Sempu saat ini telah ditemukan dengan kondisi meninggal dunia.

Liputan6.com, Bandung - Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) bernama Galang Edhi Swasono (20) yang dilaporkan menghilang pada Kamis (27/12/2023) di Pulau Sempu, Kabupaten Malang, Jawa Timur telah ditemukan dengan kondisi meninggal dunia.

Mahasiswa IPB bernama Galang ditemukan setelah pihak SAR mendapatkan laporan dari nelayan yang menemukan sesosok mayat di Teluk Semut, Perairan Pulau Sempu sekitar pukul 07.30 WIB. Adapun jenazahnya telah dievakuasi ke Pantai Sendangbiru.

“Proses evakuasi berjalan lancar. Kurang lebih pukul 07.50 WIB, jenazah sudah dievakuasi ke Pantai Sendangbiru dari titik temuan,” kata Kepala Kantor SAR Surabaya Muhamad Hariyadi mengutip dari Antara.

Sementara itu pihaknya menjelaskan setelah dievakuasi ke Pantai Sendangbiru jenazah korban kemudian dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syaiful Anwar Kota Malang.

Adapun jenazah korban akan ditangani lebih lanjut oleh petugas berwenang sebelum dibawa pulang oleh pihak keluarga korban. Hariyadi juga menyampaikan proses pencarian korban setelah dinyatakan hilang sejak 27 Desember 2023 dilakukan dengan tim SAR gabungan.

Pencarian tersebut dilakukan dengan pencarian di perairan laut sekitar Pulau Sempu dengan menggunakan perahu jukung Basarnas serta dengan perahu nelayan sekitar. Pada saat yang sama tim pencarian darat juga melakukan penyisiran di sekitar telaga Lele di Pulau Sempu.

Diketahui tim pencarian darat juga menyebarkan informasi kejadian hilangnya korban kepada nelayan yang beraktivitas di sekitar Pulau Sempu. 

“Penyebarluasan informasi ini dimaksudkan agar jika ada nelayan yang mengetahui keberadaan korban, maka diharapkan untuk segera memberikan bantuan evakuasi atau melaporkan lokasi keberadaan korban kepada petugas yang melakukan pencarian,” ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kronologi Hilangnya Mahasiswa IPB

Sebelumnya seorang mahasiswa IPB bernama Galang Edhi Swasono (20) dilaporkan menghilang di Blok Telaga Lele kawasan Pulau Sempu, Dusun Sindangbiru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan sejak Rabu (27/12/2023).

Mengutip dari Antara Galang Edhi merupakan seorang mahasiswa jurusan Konservasi Sumber Daya Hutan dan Ekowisata di Institut Pertanian Bogor. Korban pergi ke Pulau Sempu untuk melakukan penelitian dan diketahui korban meninggalkan rombongan kurang lebih pukul 09.00 WIB.

Korban seharusnya sudah kembali bersama dengan rombongannya pada pukul 11.00 WIB. Namun hingga pukul 11.30 WIB korban terpantau tidak kembali lagi ke rombongan dan tim peneliti memutuskan untuk melakukan pencarian.

Adapun sampai pada pukul 23.00 WIB korban tidak ditemukan dan peristiwa kemudian dilaporkan pada Kamis (28/12/2023).

3 dari 3 halaman

Profil Singkat Pulau Sempu

Pulau Sempu berada di wilayah Malang Selatan, Jawa Timur dan menjadi salah satu kawasan suaka alam dengan status cagar alam. Diketahui penetapan status Pulau Sempu sebagai kawasan konservasi alam ditetapkan pada 1928.

Secara administratif Cagar Alam Pulau Sempu berlokasi di Dusun Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Pulau ini masuk sebagai cagar alam karena mempunyai keunikan alam dan kekayaan hayati.

Pulau Sempu memiliki keragaman jenis tumbuhan yang terbilang tinggi seperti Menurut data Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur tahun 2009 terdapat 314 jenis tumbuhan di pulau tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.