Sukses

Ini yang Akan Terjadi kepada Keluarga Glazers Jika Batalkan Pengambilalihan Saham Manchester United

Klausul lain dalam perjanjian mereka menempatkan pimpinan Ineos itu di urutan terdepan jika keluarga Glazer memilih untuk menjual saham, dan Ratcliffe jadi opsi pertama untuk membeli lebih banyak saham dalam 12 bulan ke depan.

Liputan6.com, Yogyakarta - Keluarga Glazers berpotensi membayar dana penalti yang besar jika kesepakatan pengambilalihan saham 25 persen oleh Sir Jim Ratcliffe dibatalkan. Mereka bisa membayar lebih dari 50 juta poundsterling.

Dikutip dari sejumlah sumber, sebelumnya dalam perjanjian, Sir Jim Ratcliffe sepakat membeli saham minoritas Manchester United sebesar 25 persen dengan biaya 1,3 miliar poundsterling. Nilai itu akan meningkat menjadi 29 persen ketika menambahkan investasi infrastrukturnya senilai 235 juta poundsterling.

Nah, jika Glazer memilih untuk membatalkan klausul tersebut, bukan mustahil mereka wajib membayar Ratcliffe sebesar 38 juta poundsterling ditambah 14 juta poundsterling untuk menutupi pengeluarannya dalam waktu tiga hari kerja sebagai perjanjian.

Klausul lain dalam perjanjian mereka menempatkan pimpinan Ineos itu di urutan terdepan jika keluarga Glazer memilih untuk menjual saham, dan Ratcliffe jadi opsi pertama untuk membeli lebih banyak saham dalam 12 bulan ke depan.

Ratcliffe sudah mulai memberikan pengaruh dengan mengambil alih kendali operasional sepak bola, ia juga mencari jaminan dari keluarga Glazer bahwa dialah yang akan mengambil keputusan besar. Artinya setiap transfer, serta potensi perubahan manajerial, hanya dapat dilakukan setelah berkonsultasi dengan tim Ineos.

Pria berusia 71 tahun itu akan menerima dua kursi di dewan klub, ia juga delegasikan kepada mantan CEO Juventus Jean-Claude Blanc dan legenda balap sepeda Sir Dave Brailsford.

Selain itu, Ratcliff juga akan mendapatkan dua orang lagi di dewan PLC, yang akan diberikan kepada kepala keuangan Ineos John Reece dan Rob Nevin yang juga menjabat ketua Ineos Sport.

Sebagaimana diketahui, keluarga Glazer telah berkuasa selama dua dekade di Manchester. Namun mereka menggunakan leveraged buyout yang akhirnya membuat klub terjerumus ke dalam utang yang besar.

Hal itu pun membuat banyak penggemar geram, dan berharap proses yang dilakukan Ratcliffe bersama Manchester United ini akan membuat tim lebih baik atau justru membuat Glazer angkat kaki sebagai pemilik saham.

Keluarga Glazer, yang jarang terlihat di Old Trafford, telah menghabiskan banyak uang dan merekrut manajer-manajer ternama, sayangnya mereka hanya meraih keuntungan yang kecil atas investasi besar yang digelontorkan mereka.

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini