Sukses

Waspada, Wilayah Sulut Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem hingga 29 Desember 2023

Warga juga diharapkan tetap bersiaga apabila menempati daerah-daerah curam, terjal, dan bantaran sungai, terutama apabila berada dalam kondisi cuaca ekstrem.

Liputan6.com, Manado - Warga Sulut dan sekitarnya diminta waspada. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan wilayah Sulut masih berpotensi dilanda cuaca ekstrem hingga beberapa hari ke depan.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 29 Desember 2023," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Ben A Molle, Rabu (27/12/2023).

Dia berharap warga mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Kami terus berharap warga mewaspadai potensi bencana banjir dan tanah longsor serta pohon tumbang," ujarnya.

Warga juga diharapkan tetap bersiaga apabila menempati daerah-daerah curam, terjal, dan bantaran sungai, terutama apabila berada dalam kondisi cuaca ekstrem.

Dia mengatakan, pada 28 Desember diprediksi tidak terjadi kondisi cuaca ekstrem. Sementara, pada 29 Desember berpeluang terjadi di Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara, Kota Tomohon, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Minahasa Selatan, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Sedangkan, pada hari berikutnya, kondisi serupa berpotensi terjadi di Kota Manado, Kota Tomohon Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara dan Kabupaten Minahasa Selatan.

"BMKG terus memutakhirkan data dan informasi peringatan dini cuaca ekstrem di setiap wilayah menggunakan kanal informasi yang terverifikasi," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manado adalah ibu kota Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.
    Manado adalah ibu kota Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.

    Manado

  • Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.
    Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.

    Cuaca Ekstrem

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Sulut