Sukses

Polisi dan Pecalang Amankan Perayaan Malam Natal di Pulau Bali

Perayaan malam Natal di Pulau Bali khususnya di KOta Denpasar berjalan lancar dengan kerjasama masyarakat dan pihak keamanan Bali.

Liputan6.com, Denpasar - Malam perayaan Natal 2023 di Denpasar dan Kota Denpasar terpantau lancar dan banyak petugas kepolisian dari Kepolisian daerah (Polda) Bali nampak tersebar di titik-titik lokasi malam Natal atau di gereja di Pulau Dewata.

Salah satunya di kawasan Gereja Katedral di Renon, Denpasar, Bali puluhan polisi tersebar mengamankan arus lalu lintas dan penjagaan di pintu masuk gereja.

Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan mengatakan perayaan malam Natal di wilayah Bali berjalan lancar di mana personel lalu lintas yang tergabung dalam operasi lilin agung 2023 diterjunkan di titik kegiatan Natal.

"Kegiatan pengaturan (gatur) di depan Gereja Katedral. Petugas diterjunkan untuk kelancaran lalu lintas dan situasi agar tetap aman dan terkendali," kata dia di Denpasar, Minggu (24/12/2023).

Menurut kabid Humas, petugas lalu lintas Polda Bali sukses menciptakan suasana yang kondusif di sekitar area gereja, memastikan bahwa arus lalu lintas berjalan lancar tanpa kendala.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengamanan Pecalang

"Bukan hanya menjaga keamanan, tetapi juga untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat yang hendak melaksanakan ibadah natal," ujar dia.

Dirinya menyebut, satuan lalu lintas dari Polda Bali berkoordinasi menggunakan peralatan pengatur lalu lintas itu adalah bentuk suatu keberhasilan sinergi antara kepolisian dengan masyarakat khususnya pengalaman pecalang. Nampak dalam suasana perayaan di kawasan gereja-gereja tersebut aman dan nyaman, terlebih yang beribadah di Gereja Katedral, Renon, Denpasar.

"Menjaga keamanan dan ketertiban di setiap lokasi gereja yang menjadi tanggung jawab kami. Giat gatur di depan Gereja Katedral ini merupakan bagian dari upaya kami untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat," tutur Kabid Humas.

Kombes Pol Jansen meminta masyarakat dapat merasa lebih aman dan nyaman saat melintasi daerah tersebut. Meski sempat terdapat beberapa kepadatan lalu lintas lantaran tingginya jumlah kunjungan wisatawan di akhir tahun ke Pulau Bali, namun bisa diurai oleh Polda Bali.

Sementara itu, Selvina salah satu jamaah yang usai merayakan malam Natal di sekitaran Gereja di Denpasar mengaku senang dengan perayaan Natal pada tahun ini. Menurutnya, malam Natal yang ia nantikan tiap tahunnya berjalan lancar tanpa adanya pandemi seperti beberapa saat lalu.

"Perayaan Natal sudah bebas dari pandemi dan senang sekali tadi melihat adanya pecalang (keamanan Bali) yang turun menjaga di area gereja ketika tengah merayakan malam Natal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.