Sukses

38 Gempa Vulkanik di Gunung Lewotobi Laki-laki, Warga Diimbau Waspada

Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur (Flotim), Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali erupsi, Sabtu 23 Desember 2023 pukul 07.14 wita

Liputan6.com, Flores - Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur (Flotim), Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali erupsi, Sabtu 23 Desember 2023 pukul 07.14 wita.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Hendra Gunawan mengatakan erupsi itu dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 1000-1500 meter di atas puncak (2584 m di atas permukaan laut). Kolom erupsi teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah utara. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 40 mm dan durasi kurang lebih 24 menit.

Menurut dia, data kegempaan gunung Lewotobi Laki-Laki menunjukkan peningkatan sebelum terjadi erupsi. Tercatat gempa vulkanik dalam (VA) terekam sebanyak 38 kali, dan Vulkanik Dangkal (VB) terekam lima kali pada periode tanggal 17-23 Desember 2023.

"Berdasarkan hasil pengamatan, analisis data visual maupun instrumental hingga tanggal 23 Desember 2023 pukul 08.45 WITA (07.45 WIB), maka tingkat aktivitas Gunung Lewotobi Laki-laki masih tetap pada level II (Waspada)," ujarnya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Imbauan

Sehubungan dengan tingkat aktivitas G. Lewotobi Laki-laki pada level II (Waspada), maka pihaknya mengeluarkan beberapa imbauan diantaranya:

1. Masyarakat disekitar gunung Lewotobi laki-laki dan pengunjung/wisatawan tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius 2 km dari pusat kawah gunung Lewotobi laki-laki.

2. Masyarakat agar tenang dan mengikuti arahan Pemda serta tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya.

3. Pemerintah daerah senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki di Desa Pululera, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur atau Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi di Bandung.

4. Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi, akan selalu berkoordinasi dengan BPBD Provinsi NTT dan Satlak PB setempat dalam memberikan informasi tentang kegiatan gunung Lewotobi Laki-laki. Untuk informasi lebih jelas dapat menghubungi Pos Pengamatan G. Lewotobi Perempuan atau Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral pas nomor (022-7272-060).

5. Tingkat aktivitas Guny Lewotobi Laki-laki akan dievaluasi kembali secara berkala maupun jika terjadi perubahan aktivitas yang signifikan. Tingkat aktivitas dianggap tetap jika evaluasi berikut belum dikeluarkan.

 

3 dari 3 halaman

Gunung Kembar

Gunung Lewotobi adalah gunung berapi kembar yang terletak di bagian tenggara Pulau Flores, Indonesia. Gunung ini terletak di Kabupaten Flores Timur, Provinsi NTT. Gunung Lewotobi terdiri dari dua puncak, yaitu Gunung Lewotobi Laki-laki dan Gunung Lewotobi Perempuan.

Gunung Lewotobi Laki-laki memiliki ketinggian 1584 mdpl, Erupsi terakhir terjadi pada 12 Oktober 2002. Status tingkat aktivitas Gunung Lewotobi Laki-laki berada pada Level II (Waspada) sejak tanggal 17 Desember 2023.

Gunung Lewotobi Laki-laki dipantau secara visual dan instrumental dari Pos Pengamatan G. Lewotobi Laki-laki di Desa Pululera, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur.

Selain gunung Lewotobi Laki-laki, gunung Lewotobi Perempuan juga berstatus waspada sejak 17 Desember 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.