Sukses

Mobil Rombongan Kecelakaan, Jubir AMIN Pastikan Kampanye Anies Baswedan di Aceh Berjalan Lancar

Agenda kampanye Calon Presiden (Capres) nomor urut 1, Anies Baswedan, di Aceh sempat terkendala dengan insiden mobil rombongan yang bertabrakan, Minggu, 17 Desember 2023.

Liputan6.com, Medan Agenda kampanye Calon Presiden (Capres) nomor urut 1, Anies Baswedan, di Aceh sempat terkendala dengan insiden mobil rombongan yang bertabrakan, Minggu, 17 Desember 2023.

Jubir Timnas AMIN, Bakhtiar Ahmad Sibarani mengatakan, meski ada tabrakan, kegiatan kampanye Anies Baswedan di Aceh tetap berjalan lancar.

"Insya Allah, enggak ada apa-apa. Kampanye tetap berjalan," kata Bakhtiar di Medan, Senin (18/12/2023), saat dimintai keterangan soal insiden tersebut.

Bakhtiar Sibarani menyebut, Anies Baswedan sudah menyelesaikan kampanyenya di Aceh.

"Kampanye di Aceh sudah selesai. Pak Anies istirahat di Medan," sebutnya.

Bupati Tapanuli Tengah Periode 2017–2022 itu memastikan semua rombongan dalam keadaan sehat. Bakhtiar mengatakan, insiden itu terjadi karena ada mobil masuk dalam rombongan Anies yang sedang melaju.

"Kita berharap insiden ini merupakan kecelakaan murni. Ada mobil yang tiba-tiba masuk ke tengah rombongan," bebernya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keterangan Polisi

Anies Baswedan dipastikan selamat dari insiden kecelakaan beruntun yang terjadi di Desa Paya Demam Dua, Kecamatan Pante Bidari, Aceh Timur, Provinsi Aceh itu. Polisi menyebut, usai kejadian tersebut, rombongan utama dapat melanjutkan kegiatan kampanye di Aceh dengan lancar.

"Untuk rombongan utama tidak terlibat kecelakaan dan tetap menuju lokasi melaksanakan kegiatan di Masjid Ba'alawa Aceh Timur," kata Dirlantas Polda Aceh, Kombes M Iqbal Alqudusy.

Kombes Pol Muhammad Iqbal Alqudusy mengatakan, kecelakaan beruntun terjadi pada Minggu, 17 Desember 2023, pukul 13.40 WIB. Saat itu, kecelakaan terjadi di Jalan Lintas Medan-Banda Aceh, Desa Paya Demam Dua, Pante Bidari, Aceh Timur.

"Kendaraan yang terlibat Mobar Isuzu Doble Cabin Nopol 14679-1 dengan Mobar Mitsubishi Tronton BK 8440 XE Serta Mopen Toyota Kijang Innova BK 1694 NR," ujar Iqbal.

3 dari 4 halaman

Tidak Ada Korban Jiwa

Meski begitu, Iqbal menyampaikan tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan beruntun yang melibatkan rombongan Capres nomor urut 1 itu. Namun, dia menyebut, kerugian materil mencapai Rp 25 juta.

Iqbal menjelaskan, mulanya kendaraan rombongan Anies Baswedan terbagi menjadi 2 rombongan. Dengan rincian rombongan Capres Anies Baswedan merupakan rombangan utama. Total, 2 kendaraan iring-iringan yang mengalami kecelakaan.

4 dari 4 halaman

Ngerem Tiba-Tiba

Menurutnya, insiden bermula saat mobil Mitsubishi tronton bernomor polisi BK 8440 XE melaju dari arah Medan menuju arah Banda Aceh. Bersamaan, pada arah berlawanan juga melaju kendaraan pengawalan milik Polri.

"Setiba di lokasi kejadian, mobil jenis Toyota Kijang Innova yang ikut rombongan yang berada di iringan belakang mengerem tiba-tiba," kata Iqbal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini