Sukses

Pesona Pantai Krakal, Lokasi yang Jadi Pilihan Raffi Ahmad Bangun Beach Club Terbesar di Indonesia

Saat berada di Pantai Krakal Gunungkidul, pengunjung akan melihat keindahan pasir putih yang berpadu dengan jernihnya air pantai. Saat sedang surut, pengunjung dapat menikmati keindahan aneka biota laut yang berada di dalamnya.

Liputan6.com, Yogyakarta - Raffi Ahmad berencana membangun villa, beach club, dan resort spa di Yogyakarta. Berlokasi di Pantai Krakal, beach club ini diklaim akan menjadi yang terbesar di Indonesia.

Pantai Krakal memang menawarkan keindahan alam yang memesona. Pantai ini berlokasi di Ngestirejo, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta.

Mengutip dari wisata.gunungkidulkab.go.id, nama krakal diambil dari kata kerakal. Dalam bahasa Jawa, kerakal berarti batu-batuan kecil yang tersebar. Nama itu sesuai dengan pesona Pantai Krakal yang tak hanya menawarkan keindahan pasir putih, tetapi juga batuan kecil dengan permukaan halus dan berwarna putih.

Saat berada di Pantai Krakal Gunungkidul, pengunjung akan melihat keindahan pasir putih yang berpadu dengan jernihnya air pantai. Saat sedang surut, pengunjung dapat menikmati keindahan aneka biota laut yang berada di dalamnya.

Salah satu jenis ikan yang terkenal di Pantai Krakal adalah ikan damselfish. Ikan ini berwarna kuning dengan aksen biru di punggungnya.

Selain itu, terdapat batu karang besar yang tampak seperti jalan setapak di atas permukaan laut. Berbagai aktivitas seru bisa dilakukan di sini, mulai dari bersantai di gazebo, menikmati sunset, berfoto, berselancar, snorkeling, hingga mengeksplor pantai kecil di dekat Pantai Krakal yang lokasinya hanya dibatasi batu karang besar.

Berbagai sumber menyebut, dahulu Pantai Krakal merupakan kawasan di dasar laut. Kemunculan pantai ini dipercaya karena adanya peristiwa epirogenesa negatif, yakni pergerakan kerak bumi yang mengakibatkan naiknya lapisan bumi. Proses alam yang terjadi cukup lama itu menghasilkan garis pantai yang indah dan bentang alam yang memukau.

Terdapat dua batu karang yang berukuran sangat besar. Batu karang ini berwarna hitam, tampak kontras dengan hamparan pasir putih di sekitarnya. Karena ukurannya sangat besar, kedua batu karang ini pun berfungsi sebagai pembatas antar pantai.

Pengunjung bisa mencoba untuk naik ke puncak batu ini. Pihak pengelola telah membuat jalan setapak untuk para wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai dari ketinggian sekaligus berfoto di sana.

Pantai Krakal menjadi salah satu ikon wisata Yogyakarta di Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini masih terus diminati oleh wisatawan dari berbagai daerah.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.