Sukses

Kapolda Kepri yang Baru, Sosok Asli Putra Daerah

Kapolda Kepri Irjen Pol Tabana Bangun menjalani tugas baru dan digantikan Brigjen Pol Yan Fitri.

Liputan6.com, Batam - Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad berkabar bahwa pihaknya mendapat TR dari Mabes Polri bahwa Brigjen Pol Yan Fitri Halimansya dipromosikan sebagai Kapolda Kepri menggantikan Irjen Pol Tabana Bangun.

"Pak Irjen Pol Tabana Bangun bergeser ke Lemdiklat karena beliau juga dalam rangka mempersiapkan masa purna tugas,” kata Pandra.

Ditambahkan bahwa ada 4 Perwira Tinggi dan Perwira Menengah di Polda Kepri yang mendapat tugas baru. Pertama,  Kapolda Kepri Irjen Pol Tabana Bangun, kedua Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Kombes Pol Deni Setyo Utama bergeser ke Polda Riau, ketiga Dirkrimsus Kombes Pol Nasriadi juga berpindah ke Polda Riau dengan jabatan dan posisi yang sama, dan terakhir Dirnarkoba Kombes Pol Bagus dimutasi ke Polda Sumsel.

Disampaikan pula bahwa Kapolda Kepri yang baru, Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah bukan orang baru di Polda Kepri. Ia pernah dua kali menjabat Wakapolda Kepri, saat Polda Kepri berstatus tipe B dengan Wakapolda berpangkat Kombes serta Polda Kepri bertipe A dengan pangkat Wakapolda berbintang satu.

Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Zahwani Pandra Arsyad mengatakan serah terima jabatan itu menindaklanjuti surat telegram Kapolri bernomor ST/2750/XII/KEP./2023 tanggal 7 Desember 2023.

"Serah terima jabatan Kapolda Kepri dari Irjen Tabana Bangun kepada Brigjen Yan Fitri Halimansyah di Mabes Polri, dipimpin oleh Kapolri," kata Pandra.

Brigjen Yan Fitri merupakan putra daerah asal Kepri, Ia lahir pada 9 Januari 1967 di Kota Tanjungpinang, Kepri. Menempuh pendidikan dasar dan menengah di Tanjungpinang. Setelah lulus SMA, ia melanjutkan pendidikannya di Akademi Kepolisian (Akpol) dan lulus pada tahun 1989.

Yan Fitri diketahui merupakan kakak dari mantan Wali Kota Tanjungpinang yang kini menjabat Anggota DPRD Kepri, Lis Darmansyah. Yan Fitri banyak bertugas di bidang Reserse.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.