Sukses

Daya Tarik Bromo yang Dinobatkan Sebagai Taman Nasional Terindah Ketiga di Dunia

Peringkat tersebut berdasarkan The World’s Most Beautiful Parks 2023 yang dirilis Bounce. TNBTS mendapatkan 7,89 poin dan berhasil menduduki peringkat ketiga dari 10 taman nasional lain di dunia.

Liputan6.com, Surabaya - Belum lama ini, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dinobatkan sebagai taman nasional terindah ketiga di dunia oleh Bounce. Bounce adalah sebuah platform layanan perjalanan yang berbasis di San Francisco, California, Amerika Serikat.

Peringkat tersebut berdasarkan The World’s Most Beautiful Parks 2023 yang dirilis Bounce. TNBTS mendapatkan 7,89 poin dan berhasil menduduki peringkat ketiga dari 10 taman nasional lain di dunia.

Mengutip dari indonesia.go.id, metode penilaian yang dilakukan adalah dengan memberi bobot nilai terhadap 100 taman nasional terbaik di dunia. Kemudian, tim riset Bounce menghitung skor berdasarkan jumlah unggahan di Instagram, jumlah penayangan di TikTok, penelusuran Google dari Oktober 2022-September 2023 menurut Google Ads, serta ulasan terhadap setiap taman nasional di Google.

Adapun daftar lengkap 10 teratas taman nasional terindah di dunia 2023 menurut Bounce dipuncaki oleh Kruger di Afrika Selatan (8,29 poin) dan disusul Lencois Maranhenses di Brasil (7,90 poin), Bromo Tengger Semeru di Indonesia (7,89 poin), Serengeti di Tanzania (7,37 poin), Plitvice Lakes di Kroasia (7,24 poin), Zhangjiajie di Tiongkok (6,05 poin), Fuji Hakone Izu di Jepang (5,66 poin), Victoria Falls di Zimbabwe (5,40 poin), Etosha di Namibia (5,13 poin), dan Jim Corbett di India (4,87 poin).

TNBTS memang menyuguhkan keindahan alam yang memesona. Tempat wisata yang berada di Jawa Timur ini merupakan tempat bertemunya enam gunung, yaitu Gunung Semeru, Gunung Bromo, Gunung Batok, Gunung Kursi, Gunung Watangan, dan Gunung Widodaren.

Kawasan ini memiliki daya tarik berupa hamparan pasir hitam yang membentang luas sepanjang 10 km. Para pengunjung bisa menyaksikan matahari terbit dan keanekaragaman flora dan fauna saat berkunjung ke sini. Setidaknya terdapat kurang lebih 38 jenis satwa liar yang dilindungi oleh pemerintah di Kawasan TNBTS ini, mulai dari elang jawa, macan tutul jawa, hingga lutung jawa.

Tak heran jika kawasan ini menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan. Keindahan dan keanekaragaman ini membuat TNBTS layak berada di 10 besar taman nasional terindah di dunia.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini