Sukses

Penelitian Terbaru Buktikan Khasiat Pola Makan Vegan

Penelitian yang dipublikasikan pada 30 November di JAMA Network Open ini dipimpin oleh penulis senior Gardner.

Liputan6.com, Yogyakarta - Pola makan vegan dapat membuat jantung jauh lebih sehat hanya dalam delapan pekan. Hal ini dilakukan dalam sebuah penelitian terhadap 22 pasang kembar identik oleh peneliti Stanford Medicine.

Melansir Tech Eksplorist, dari penelitian ini mengatakan, pola makan vegan penting karena meskipun mengurangi makan daging baik untuk jantung, namun seringkali sulit untuk memastikannya karena faktor lain seperti gen dan gaya hidup.

Christopher Gardner, Ph.D., Profesor Rehnborg Farquhar dan seorang profesor kedokteran, mengatakan, penelitian ini tidak hanya memberikan cara inovatif untuk menegaskan bahwa pola makan vegan lebih sehat dibandingkan pola makan omnivora konvensional, namun juga melihat si kembar (objek penelitian) bagaimana mereka berinteraksi di tempat yang sama.

Penelitian yang dipublikasikan pada 30 November di JAMA Network Open ini dipimpin oleh penulis senior Gardner. Penulis pertama studi ini adalah Matthew Landry, PhD, seorang sarjana postdoctoral di Stanford Prevention Research Center, sekarang dia di University of California. Kemudian ada Irvine, dan Catherine Ward, PhD, seorang sarjana postdoctoral di tempat yang sama.

Dalam penelitian lain, Gardner memberikan saran dan menjawab pertanyaan diet kepada objek penelitian. Mereka kemudian diwawancarai tentang kebiasaan makan dan membuat catatan makanan.

Hasilnya sekitar 43 peserta yang berhasil menyelesaikan penelitian ini menunjukkan, bahwa mempelajari cara menyiapkan makanan sehat hanya dalam empat minggu adalah hal yang praktis.

“Berdasarkan hasil ini dan memikirkan umur panjang, kebanyakan dari kita akan mendapatkan manfaat dari pola makan nabati,” kata Gardner.

Menurut Gardner, vegan, dan omnivora dengan batas tertentu membuat perubahan mendasar untuk kesehatan jantung yang lebih baik. Pasalnya dengan pola makan tersebut akan mengurangi lemak jenuh, meningkatkan serat makanan, dan menurunkan berat badan.

Gardner menyoroti pengaruh global, dengan mengatakan bahwa meskipun tidak semua orang mengadopsi gaya hidup vegan, beralih ke lebih banyak makanan nabati dapat meningkatkan kesehatan.

Dia mencatat bahwa pola makan vegan dapat membawa manfaat tambahan seperti peningkatan bakteri usus, mengurangi kehilangan telomer, dan memperlambat penuaan.

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini