Sukses

Disebut Bagi Amplop, Ternyata Gibran Bagi Gantungan Kunci Foto Dirinya Berpakaian Naruto

Video Gibran membagikan sesuatu yang dinarasikan bagi-bagi amplop ternyata hoaks.

Liputan6.com, Makassar - Sebuah video singkat yang memperlihatkan Calon Wakil Presiden Nomor Urut 2, Gibran Rakabuming Raka sedang membagikan sesuatu yang dinarasikan sebagai bagi-bagi amplop viral di media sosial. Kejadian itu terjadi saat kegiatan Jalan Sehat Satu Putaran di Kota Makassar pada Sabtu (25/11/2023) lalu.

Ketua Bawaslu Kota Makassar, Dede Arwinsyah mengaku pihaknya telah menerima laporan dan menyelidiki kejadian itu. Ia pun secara tegas membantah bahwa dalam video itu Gibran bagi amplop berisi uang. 

"Berdasarkan hasil pengawasan itu adalah hoaks," kata Dede kepada wartawan, Selasa (28/11/2023). 

Dede menjelaskan dari hasil penelusuran Bawaslu Makassar, benda yang dibagikan oleh Gibran Rakabuming Raka dalam video itu adalah gantungan kunci bergambar dirinya mengenakan kostum film kartun. 

"Setelah kami telusuri itu adalah gantungan kunci bergambar salah satu calon wakil presiden berkostum Naruto," ucap Dede. 

Dede menambahkan selain menerima laporan dugaan bagi-bagi amplop, ia menjelaskan bahwa Bawaslu Makassar juga menerima laporan bahwa dalam kegiatan jalan sehat itu ada pembagian sembako. 

"Tidak ada pembagian sembako, hanya ada pembagian susu," ucapnya. 

Dengan demikian, lanjut Dede, dugaan pelanggaran politik uang dalam laporan yang diterima oleh Bawaslu Makassar tidak terpenuhi. 

"Sehingga dugaan pelanggaran money politic itu belum terjadi juga karena untuk money politic di pasal 523 itu ada 3 waktu yang di atur. Pada saat kampanye, pada saat hari tenang dan pada saat hari H," beber Dede.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.