Sukses

Sinopsis Film 172 Days, Kisah Cinta Penuh Haru Mendiang Ustaz Ameer Azzikra

Film 172 Days telah resmi tayang di seluruh bioskop Indonesia sejak Kamis (23/11/2023). Film ini diangkat dari kisah nyata perjalanan cinta penuh haru antara Nadzira Shafa dan mendiang suaminya Ustaz Ameer Azzikra.

Liputan6.com, Bandung - Film Indonesia bertajuk “172 Days” telah resmi tayang di seluruh bioskop Indonesia sejak Kamis (23/11/2023). Film bergenre drama ini ternyata diadaptasi dari buku berjudul sama dan menceritakan kisah cinta haru antara pasangan Ameer Azzikra dan Nadzira Shafa.

Diketahui Nadzira Shafa merupakan penulis asli dari novel 172 Days dan menceritakan perjalanan cintanya dengan mendiang suaminya Ameer Azzikra. Bahkan novelnya tersebut menjadi novel best seller di Indonesia dan saat ini diangkat menjadi film.

Melansir dari XXI film 172 days disutradarai oleh Hadrah Daeng Ratu yang pernah menjadi sutradara untuk film Until Tomorrow (2022), Mars and Venus (2017), dan Merindu Cahaya de Amstel (2022). Adapun untuk durasi filmnya hanya bisa ditonton oleh penonton berusia 13 tahun ke atas.

172 Days mempunyai durasi film sekitar 1 jam 43 menit dan diperankan oleh aktor-aktor populer Indonesia yang sudah sering tampil di layar kaca. Di antaranya artis Yasmin Napper yang akan berperan sebagai Nadzira Shafa dan Bryan Domani yang akan berperan sebagai Ameer Azzikra.

Melalui film ini Yasmin Napper akan menjadi pemeran utama bernama Nadzira Shafa yang akan diperkenalkan dengan perjalanan hijrahnya. Sementara itu, ketika berhijrah Nadzira ternyata mendapatkan lamaran untuk ta’aruf bersama seorang pria sekaligus ustaz bernama Ameer Azzikra.

Sementara itu, aktor Bryan Domani akan berperan sebagai tokoh pemeran utama yaitu Ameer Azzikra dan menjadi peran yang berbeda dan keluar dari zona nyamannya. Pasalnya, sang aktor akan berperan sebagai seorang ustaz dan menjadi imam yang memimpin doa para jemaat sebanyak 250 orang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sinopsis Film 172 Days

Film 172 Day menceritakan perjalanan seorang perempuan bernama Nadzira Shafa yang memutuskan untuk berhijrah agar bisa menjalani kehidupan yang lebih baik. Pasalnya, Nadzira pernah terjebak dalam lingkungan dan pergaulan yang sangat bebas dan jauh dari agama.

Melalui perjalanan hijrahnya tersebut Nadzira Shafa kemudian banyak belajar mengenai ilmu agama dan sering menghadiri majelis pengajian. Suatu hari ketika Nadzira mendatangi salah satu tempat pengajian dia bertemu dengan seorang ustaz bernama Ameer Azzikra.

Saat itu, melalui pertemuannya dengan ustaz Ameer Azzikra ternyata dia mengajak Nadzira Shafa untuk berta’aruf dengannya. Hingga keduanya menjalani kisah cinta setelah menikah dan Ameer membimbing Nadzira agar niatnya berhijrah semakin istiqomah.

Setelah menikah bersama dan menjalani rumah tangga yang harmonis dan indah selama 172 hari, tiba-tiba Ustaz Ameer Azzikra jatuh sakit dan Nadzira menemani suaminya tersebut dengan setia. Bahkan, dia setia dengan suaminya sampai akhirnya suaminya tersebut dinyatakan wafat oleh dokter.

3 dari 4 halaman

Daftar Pemeran dan Fakta Menarik Film 172 Days

Berikut ini adalah daftar pemeran film 172 Days :

1.Yasmin Napper sebagai Nadzira Shafa

2. Bryan Domani sebagai Ameer Azzikra

3. Yoriko Angeline sebagai Intan

4. Amara Sophie sebagai Niki

5. Abun Sungkar sebagai Abun

6. Adhitya Putri sebagai Kak Bella

7. Ridwan Ghany sebagai Aa Herman

8. Cindy Fatika Sari sebagai Ummi Zira

9. Tengku Firmansyah sebagai Abi Zira

10. Meisya Siregar sebagai Ummi Yuni

11. Hamas Syahid sebagai Alvin Faiz

12. Oki Setiana Dewi sebagai Oki

13. Messi Gusti sebagai Zira Kecil

14. Alfie Alfandi

15. Uli Herdi

16. Nadzira Shafa

Fakta Menarik Film 172 Days

Melansir dari beberapa sumber berikut ini adalah fakta-fakta menarik dari film 172 Days:

1. Adaptasi dari Novel Berjudul Sama

Film 172 Days merupakan film yang diadaptasi dari novel karya Nadzira Shafa yang dibuat berdasarkan pengalaman pribadinya terkait kisah cintanya dengan mendiang suami. Saat itu perempuan yang akrab disapa Ziraemitiskan menikah di usia muda yaitu 21 tahun.

Melalui pernikahan tersebut Zira diketahui mendapatkan banyak sekali pengalaman berharga terutama dari sosok almarhum suaminya Ameer. Diketahui Zira menulis novel tersebut usai menjalani masa iddah dsn sebagai pengobat rindu dan lukanya setelah ditinggal sang suami tercinta

4 dari 4 halaman

Fakta Menarik Film 172 Days

2. Berasal dari Kisah Nyata

Novel yang ditulis oleh Nadzira Shafa ini tentunya berasal dari perjalanan cintanya pribadi atau berasal dari kisah nyatanya dengan sang mendiang suami. Keduanya menikah pada Kamis, 10 Juni 2021 dan  Ameer meninggal dunia pada November 2021 karena kritis akibat infeksi liver.

3. Diperankan Aktor Berbakat Indonesia

Film 172 Days diperankan oleh aktor-aktor berbakat dan populer asal Indonesia salah satunya artis Yasmin Napper dan Bryan Domani. Yasmin Napper sendiri pernah memerankan banyak film dan sinetron seperti MeloDylan, Imperfect, Love Story the Series, hingga 2045 Apa Ada Cinta.

Sementara itu Bryan Domani adalah aktor Indonesia yang banyak berperan dalam film-film Indonesia populer seperti Galaksi, Ketika Berhenti di Sini, Virgo and the Sparklings, hingga Miracle in Cell No. 7.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.