Sukses

Santai Sejenak di 'Rest Area' Pantai Pinomontiga Jalur Trans Sulawesi Bone Bolango

Pantai ini menjadi semacam 'rest area' bagi orang-orang yang melintas dari Manado ke Gorontalo lewat jalur Trans Sulawesi pantai selatan.

Liputan6.com, Gorontalo - Kabupaten Bone Bolango (Bonebol), Gorontalo, memang dikenal sebagai kawasan sejuta wisata alam. Selain pegunungan, wisata pantainya juga tak kalah menarik. Salah satunya ada Pantai Germanium Pinomontiga.

Pantai ini berlokasi di Desa Pinomontiga, Kecamatan Bulawa, Kabupaten Bone Bolango. Pantai yang terkenal dengan keindahan bawah lautnya ini memang sudah terkenal di kalangan para traveler lokal bahkan mancanegara.

Dari Pusat Kota Gorontalo ke Pantai Pinomontiga, pengunjung bisa mengendarai kendaraan roda dua maupun roda empat. Kurang lebih dua jam perjalanan, pengunjung sudah sampai di lokasi.

Meski terbilang jauh, tetapi keindahan alam kawasan Pantai Germanium mampu membayar lelahnya perjalanan. Garis pantai dengan pasir putih yang membentang dari selatan ke utara mampu menghipnotis para pelancong.

Belum lagi pengunjung yang datang bisa menikmati fasilitas dermaga yang menjurus ke laut yang panjangnya kurang lebih 200 meter. Tidak hanya itu, sedikit menengok ke bawah, dari atas dermaga pelancong bisa melihat langsung keindahan bawah laut pantai ini.

"Saat air laut terkena sinar matahari pagi, disitulah momen yang indah. Beragam Ikan-ikan kecil bisa terlihat dari atas dermaga," kata Agustina Yusuf, seorang pengunjung dari Sulawesi Utara kepada Liputan6.com.

Selain itu, pengunjung yang akrab disapa Gustin ini bilang, saat pagi hari juga momen yang paling  ditunggu oleh mereka. Dari kejauhan mereka bisa menikmati pagi sembari melihat langsung matahari pagi yang terbit seperti keluar dari dalam laut.

"Momen pagi sangat luar biasa, itulah mengapa kami memilih bermalam dengan membawa alat camping," imbuhnya.

 

Simak juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bupati Terpukau

Di tempat yang sama, Plt. Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli mengaku merasa terpukau melihat keindahan objek wisata Pantai Pasir Putih Desa Pinomontiga. Didampingi Asisten III Marni Nisabu dirinya mendatangi lokasi wisata itu.

”Pinomontiga ini pantainya indah sekali, berbeda dengan yang lain karena ini pasirnya putih dan tidak berkarang," kata Merlan.

Ia mengatakan, dengan keindahan pemandangannya, pantai ini sangat cocok untuk tempat berswafoto. Selain itu bagi yang ingin melangsungkan pernikahan, lokasi ini bagus untuk mereka yang ingin pre wedding.

”Ada tanjungnya dan pemandangan indah, serta lingkungannya bersih dan dekat dari jalan trans Sulawesi Pantai Selatan,” ujarnya.

Tentu, kata Bupati, potensi objek wisata ini jangan dibiarkan. Pemerintah Desa harus memanfaatkan dan mengelola objek wisata ini dengan baik karena menjadi salah satu sumber pendapatan desa.

Menurutnya, objek wisata Pantai Pasir Putih Pinomontiga ini, potensinya sangat strategis. Sasaran mereka adalah orang yang mendarat dari Manado ke Gorontalo lewat jalur darat Trans Sulawesi Pantai Selatan, itu kita harapkan bisa singgah dan menikmati keindahan pantai ini.

"Saya meminta kepala desa, aparat dan juga camat Bulawa, tolong dimanfaatkan objek wisata ini menjadi rest area, terutama orang-orang yang dari Manado ke Gorontalo lewat jalur Trans Sulawesi Pantai Selatan. Buat objek wisata ini jadi tempat untuk mereka bisa istirahat. Tinggal kita siapkan UMKM, ada toiletnya," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.