Sukses

4 Museum di Bandung yang Cocok untuk Wisata Edukasi di Akhir Pekan

Mengisi akhir pekan ke museum dapat menambah wawasan mulai dari pengetahuan sejarah, budaya hingga adat istiadat suatu daerah.

Liputan6.com, Bandung - Menghabiskan akhir pekan bersama sahabat teman, ataupun keluarga tidak melulu harus ke kafe atau mengunjungi objek wisata yang memukau, tetapi juga bisa dengan berwisata ke museum.

Berwisata di museum mengisi hari libur semata, tetapi juga menambah wawasan mulai dari pengetahuan sejarah, budaya hingga adat istiadat suatu daerah.

Menemukan museum untuk edukasi wisata di seluruh Indonesia juga terbilang mudah, salah satunya di Kota Bandung yang terdapat banyak museum dan dengan lokasinya pun mudah dijangkau.

Penasaran apa saja itu? , berikut Liputan6.com rangkum untuk Anda dari berbagai sumber.

1. Museum Geologi

Museum ini cocok untuk wisata dari seluruh kalangan, mulai dari pelajar, hingga mahasiswa. Museum ini menjayikan beragam koleksi berupa materi-materi geologi, mulai dari fosil, batuan hingga mineral.

Semua koleksi museum di sini merupakan hasil dari pengumpulan selama kerja lapangan di Indonesia sejak 1850.

Museum Geologi berupa bangunan dua lantai, pada lantai pertama terdapat 3 ruagan utama. Pada lantai pertama Anda bisa melihat mulai dari relief kegiatan geologi dalam bentuk animasi, hipotesis terjadinya bumi, hingga beragam koleksi lainnya.

Kemudian pada lantai dua juga dipamerkan mulai dari miniatur menara pengeboran minyak dan gas bumi, maket pertambangan emas terbesar di Indonesia hingga beragam koleksi lainnya.

Beralamat di Jalan Diponegoro Nomor 57 Bandung dengan jadwal operasi pada hari Selasa, Rabu, Kamis dari pukul 09.00-15.00 WIB dan loket tiket ditutup pukul 14.30 WIB. Untuk akhir pekan, buka hari Sabtu dan Minggu dari pukul 09.00-14.00 WIB dan loket tiket ditutup pukul 13.30 WIB.

Tarif tiket untuk masuk museum ini sangat terjangkau, bagi pelajar atau mahasiswa Rp2.000 dengan menunjukan Kartu Tanda Pelajar atau Mahasiswa. Sementara itu, harga tiket untuk umum Rp3.000 dan turis asing Rp10.000.

2. Museum Barli

Selanjutnya ada Museum Barli, museum ini didesain dengan warna putih dan tentunya sangat cocok dikunjungi untuk wisatawan terutama yang menyukai seni.

Di museum ini anda bisa mengetahui tentang perjalanan seni rupa yang berada di Bandung, Jawa Barat. Museum ini mempamerkan beragam koleksi, mulai dari patung, hingga lukisan seniman Bandung.

Tidak hanya itu saja, di museum ini Anda juga bisa bernostalgia dengan permain tempo dulu, hingga bagi pengunjung yang penasaran dengan proses melukis juga bisa melukis langsung bersama ahlinya di museum ini.

Anda dapat mengunjungi Museum Barli di Jalan Prof. Dr. Sutami Nomor 91, Sukarasa, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung. Buka dari Senin sampai Sabtu pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB dengan tarif masuk Rp20.000 per orang.

 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Museum Kota Bandung

Museum Kota Padang adalah museum bergaya arsitekstur tempo dulu yang terdiri dari dua ruangan, ruangan pertama menampilkan gambar-gambar wali kota Bandung dari masa ke masa serta tokoh-tokoh penting lainnya.

Selain itu, di museum ini Anda juga dapat mengetahui sejarah mengenai berdiri dan perkembagan Kota Bandung hingga barang yang berkaitan erat dengan berdirinya Kabupaten dan Kota Bandung.

Anda dapat menemukan museum ini Jalan Aceh Nomor 47, Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung. Untuk jam operasionalnya, Museum Kota Bandung buka setiap hari mulai pukul 10.00-15.00 WIB.

4. Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Museum Mandala Wangsit Siliwangi merupakan saksi bisu prajurit Sliwangi bersama rakyat Jawa Barat untuk mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sebelum menjadi museum tempat tersebut merupakan markas militer dan menjadi sasaran serangan Angkatan Perang Ratu Adil (APRA) di bawah pimpinan Kapten Raymond Westerling.

Siliwangi merupakan nama komando daerah militer TNI-AD di Jawa Barat dan Banten yang namanya diambil dari raja dari Kerajaan Sunda yang beribu kota di Pakuan Pajajaran.

Sedangkan arti Mandala Wangsit merupakan sebuah tempat untuk menyimpan amanat, petuah atau nasihat dari pejuang masa lalu kepada generasi penerus melalui benda-benda yang ditinggalkannya.

Di museum ini Anda dapat melihat koleksi sisa perjuangan tentara di masa penjajahan dengan beragam koleksi senjata tradisional, mulai dari pedang bambu, keris hingga beragma koleksi lainnya.

Dan uniknya, di museum ini Anda dapat melihat koleksi uang pada masa penjajahan hingga awal kemerdekaan. Anda dapat mengunjungi meseum ini di Jalan Lembong Nomor 38, Kecamatan Sumur, Bandung.

Itulah empat museum yang cocok Anda kunjunggi untuk edukasi wisata di akhir pekan apabila berada di Bandung. Pastikan selama mengunjungi museum Anda mematuhi segala peraturan yang ada, salah satunya jangan menyentuh koleksi museum yang dilarang untuk disentuh.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.