Sukses

Lampung Tertinggi Ketiga Jumlah Wisatawan di Pulau Sumatera

periode Januari - September 2023 sudah 10.260.000 orang yang berwisata ke Provinsi Lampung.

Liputan6.com, Lampung - Sebanyak 10.260.000 wisatawan tercatat telah masuk ke Provinsi Lampung pada tahun 2023 ini.

Data tersebut diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) periode Januari - September 2023 mencapai 10.260.000 orang yang berwisata ke Provinsi Lampung. 

Kepala Dinas Parekraf Provinsi Lampung, Bobby Irawan mengatakan bahwa capaian jumlah wisatawan itu telah melampaui target yang telah ditetapkan sebanyak dua kali lipat.

"Target yang ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi Lampung pada tahun 2023, yaitu sebesar 5.490.000 orang. Pencapaian tersebut hampir dua kali lipat dari target," kata Boby dalam keterangannya, Sabtu (18/11/2023).

Boby mengatakan, capaian tersebut telah menempatkan Lampung sebagai urutan ketiga tertinggi pergerakan wisatawan nusantara di Pulau Sumatera. 

"Provinsi Sumatera Utara berada di urutan pertama dengan 20,53 juta wisatawan, diikuti oleh Sumatera Barat dengan 11,31 juta wisatawan," sebutnya. 

Dia menjelaskan bahwa tareget tersebut merupakan hasil kerja keras dan kolaborasi dari berbagai pihak.

"Terima kasih atas dukungan dan kolaborasi pemerintah kabupaten/kota, industri, akademisi, stakeholder, asosiasi, lomunitas, penggiat, pemerhati dan pelaku di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Provinsi Lampung," ucap Boby

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Naiknya Kunjungan Wisata Usai Pandemi

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa hal tersebut telah sesuai dengan arahan Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, bahwa pengembangan sektor kepariwisataan Lampung bisa optimal dilakukan dengan mengedepankan sinergi dan kolaborasi. 

Menurut dia, saat COVID-19 melanda Indonesia, kunjungan wisatawan ke Lampung mengalami penurunan secara drastis dari 10,5 juta wisatawan di 2019 menjadi 2 juta orang di 2020. Kemudian di 2021 sebanyak 2,9 juta orang, dan 4,5 juta orang di 2022.

Dia menjelaskan, rata-rata wisatawan yang masuk ke Provinsi Lampung berusia 15-40 tahun. 

"Jadi memang masuk dalam kategori wisata keluarga dan ini memiliki standar paling tinggi. Sebab kenyamanan, keamanan harus mumpuni untuk menjamin anak-anak menikmati destinasi wisata disini sehingga dengan adanya angka kunjungan yang tinggi fasilitas pariwisata akan terus ditingkatkan," kata dia. 

Menurut dia, ada beberapa faktor yang membuat angka wisatawan bertambah di Provinsi Lampung salah satu diantaranya adalah telah berakhirnya Covid 19.

Selain itu, dengan bertambahnya angka wisatawan yang masuk ke Provinsi Lampung dia menargetkan lebih dari 10 juta orang di tahun berikutnya akan datang berkunjung. 

"Melihat perkembangan sekarang maka kami berani menargetkan kunjungan wisatawan tahun depan bisa di atas 10 juta. Karena selain itu juga banyak destinasi baru saat ini seperti di Lampung Selatan. Lalu Bakauheni Harbour City sudah mulai beroperasi bisa menjadi daya tarik wisata juga," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.