Sukses

Sinopsis dan Fakta Menarik Film Sijjin yang Diadaptasi dari Film Horor Hits Asal Turki

Film Horor Sijjin saat ini telah resmi tayang di bioskop sejak Kamis (9/11/2023). Sijjin merupakan film yang diadaptasi dari film horor terkenal asal Turki.

Liputan6.com, Bandung - Film horor Sijjin kini telah resmi tayang di seluruh bioskop Indonesia sejak Kamis (9/11/2023). Film yang diadaptasi dari film hits asal Turki ini dinantikan oleh banyak penggemar kisah horor.

Sijjin versi Indonesia disutradarai oleh Hadrah Daeng Ratu yang sebelumnya pernah menjadi sutradara untuk beberapa film horor Indonesia. Di antaranya film Makmum, Malam Jumat, hingga Perjanjian Gaib.

Sementara itu, film Sijjin diproduksi oleh tiga perusahaan produksi ternama Indonesia diantaranya Rapi Films, Legacy Pictures, dan Sky Media. Film ini akan diperankan oleh aktor-aktor Indonesia seperti Ibrahim Risyad, Anggika Bolsterli, dan Messi Gusti. 

Melalui film ini, artis Anggika Bolsterli akan berperan sebagai karakter Irma yang mempunyai peran penting dalam film Sijjin. Pasalnya karakter Irma mempunyai obsesi kepada sepupunya dan terlibat dengan dunia perdukunan.

Aktor Ibrahim Risyad juga akan menjadi pemeran penting dalam film ini sebagai seseorang yang mengalami teror-teror mistis. Kedua karakter ini akan saling berkaitan dan menghadapi banyak gangguan mistis yang mengerikan.

Sebagai informasi, film aslinya yang bertajuk “Siccin" merupakan film asal Turki yang menjadi film hits pada masanya. Bahkan sudah ada beberapa sekuel untuk film horor tersebut yang menjadi bukti betapa terkenalnya film horor tersebut.

Film Siccin diketahui juga diambil dari kisah nyata di Turki karena terdapat mantra yang digunakan dalam film berdasarkan dari mantra asli yang sering digunakan dukun Turki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sinopsis

Menceritakan tentang Irma (Anggika Bolsterli) yang ternyata jatuh cinta kepada sepupunya sendiri bernama Galang (Ibrahim Rasyid). Namun, Galang diketahui sudah mempunyai istri dan anak.

Meskipun Irma mengetahui jika Galang sudah beristri dan mempunyai anak ternyata rasa obsesinya masih tersimpan di dalam dirinya. Ia bahkan ingin menjadi wanita satu-satunya yang ada dalam hidup Galang.

Karena sifat obsesinya tersebut Irma justru mendatangi dukun untuk mengirimkan santet kepada istri Galang. Akibatnya, keluarga Galang mulai mendapatkan teror mengerikan mulai dari gangguan mistis, kesurupan, hingga kematian di rumah Galang.

Demi mendapatkan keinginannya Irma sendiri tidak sadar bahwa tindakannya tersebut turut mengancam nyawanya sendiri.

Daftar Pemeran Film Sijjin (2023)

Berikut ini adalah daftar nama pemeran film Sijjin (2023):

1. Anggika Bolsterli

2. Ibrahim Rasyid

3. Niken Anjani

4. Della Husein

5. Messi Gusti

6. Dewi Pakis

7. Oce Permatasari

8. Elly D. Luthan

9. M.N. Qomarrudin

10. Deni Saputra.

3 dari 4 halaman

Fakta Menarik

Melansir dari beberapa sumber berikut ini adalah fakta-fakta menarik yang harus diketahui sebelum menonton filmnya:

1. Adaptasi dari Film Horor asal Turki

Film Sijjin diketahui sebagai film yang diadaptasi dari film horor terkenal asal Turki bertajuk “Siccin”. Film asal Turki tersebut pertama kali tayang pada 2014 dan menjadi hits di negara asalnya dan kini mempunyai enam sekuel film.

Setiap sekuel filmnya mempunyai plot cerita yang berbeda-beda namun tetap mengangkat bagaimana perjalanan mistis akibat dari dukun yang menggunakan ilmu hitam. Contohnya saja pada film pertama film tersebut menceritakan keluarga yang dihantui roh jahat.

Roh jahat yang menghantui keluarga mereka berasal dari gangguan kekuatan supernatural ketika keluarganya pindah ke rumah baru. Selain itu film kedua yang tayang pada 2015 menceritakan tentang keponakan yang disantet bibinya sendiri.

2. Diperankan Aktor Populer Indonesia 

Film ini diperankan oleh aktor-aktor populer Indonesia yang tengah naik daun diantaranya aktor Ibrahim Risyad hingga Anggika Bolsterli. Adapun terdapat pemeran lainnya seperti Delia Husein, Niken Anjani, hingga Messi Gusti.

4 dari 4 halaman

Berikutnya

3. Film Horor Kedua Anggika Bolsterli dan Ibrahim Risyad

Melalui film ini Anggika Bolsterli dan Ibrahim Rasyid akan kembali reuni setelah sebelumnya pernah saling beradu akting dalam film “Hati Suhita”. Adapun film ini menjadi film horor kedua untuk masing-masing aktor.

Sebelumnya Anggika Bolsterli pernah berperan dalam film horor “Ghibah” yang telah tayang pada 2021 lalu. Kemudian Ibrahim Rasyid pernah berakting dalam film horor “Perempuan Bergaun Merah” yang tayang pada 2022.

4. Menceritakan Teror Santet Indonesia yang Mengerikan

Jika pada cerita inspirasinya film Siccin di Turki menceritakan bagaimana ilmu hitam yang dilakukan oleh dukun-dukun Turki. Sementara itu dalam film Sijjin versi Indonesia tentunya akan memperlihatkan cerita teror santet mengerikan di Indonesia.

Tentunya film ini akan menjadi film horor mengerikan yang membuat banyak masyarakat Indonesia merinding. Mengingat kisah-kisah dukun santet di Indonesia sering diceritakan dengan cerita yang sangat mengerikan.

5. Arti dari “Sijjin”

Dalam Al-Quran surah Al Muthaffifin ayat 8 Allah menyebutkan mengenai suatu tempat yang bernama “Sijjin”. Sementara itu, para ulama menafsirkan Sijjin sebagai tempat yang menakutkan dimana roh-roh jahat berkumpul.

Selain itu, dalam kitab tafsir Imam Ibnu Katsir disebutkan bahwa “Sijjin” adalah sesuatu yang sangat mengerikan, sebuah penjara yang abadi dan azab yang menyakitkan. Tempat tersebut berada di lapisan ketujuh perut bumi.

Melansir dari pendapat-pendapat lain lokasi dari Sijjin dijelaskan sebagai tempat yang sudah mendekati neraka. Kemudian dalam buku Tadabur Juz’ Amma yang dijelaskan oleh Saiful Bahri istilah Sijjin berasal dari kata as-sijnu yang mempunyai arti penjara.

Sehingga kata Sijjin tersebut mempunyai arti kiasan mengenai kerugian dan kesengsaraan yang bisa dialami seseorang. Seseorang tersebut adalah orang-orang yang semasa hidupnya durhaka kepada sang pencipta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini