Sukses

Menyasar Gen Z dalam Pusaran Isu Pilpres

Relawan Gibran mulai bergerak menyasar Gen Z

Liputan6.com, Batam - Gen Z diharapkan tidak mudah menyerah dan berparsitipasi aktif dalam membangun negeri. Pesan itu disampaikan Ketua Umum Relawan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Praka), Osco Olfriady Letunggamu.

“Praka memegang teguh pemikiran Bung Karno yang memberi spirit kepada generasi muda agar menjadi orang muda nasionalis, progresif, dan revolusioner,” kata Osco dalam pengukuhan Praka Kepulauan Riau (Kepri).

Dalam sambutannya, Osco mejelaskan bahwa Praka berasal dari kata Pro dan Raka. Pro berarti memihak atau mendukung dan Raka dalam Bahasa Jawa bermakna kakak laki-laki.

"Pro Raka berarti kita mendukung kakak kita yang sedang ikut dalam kontestasi Pilpres di tahun 2024," kata Osco.

Pengukuhan Praka Kepri ditandai dengan penyerahan Pataka Praka dari Osco kepada Ketua Praka Kepri, Yoni Fathoni. Usai penyerahan pataka, Praka Kepri mendeklarasikan dukungannya terhadap Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon presiden dan calon wakil presiden pada Pemilu 2024.

Acara dihadiri sejumlah calon anggota legislatif dari partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju. Ketua Panitia Pelaksana, Indra Saputra, mengatakan anak muda yang hadir memperlihatkan antusiasme yang tinggi. 

Sementara itu sekjen Praka, Dafi Rismantyo Nugroho, mengatakan Gibran sebagai orang muda mempunyai tenaga, waktu dan aktualisasi terhadap perkembangan teknologi yang sangat pesat.

“Mas Gibran akan menjadi support system bagi Pak Prabowo dalam memberdayakan dengan maximal potensi angkatan produktif,” kata Dafi.

Dafi, cicit dari Jenderal Besar Sudirman dan AH Nasution, berharap Praka Kepri dapat merangkul Generasi Z yang banyak bersikap apolitis.

Osco mengatakan kelompok relawan ini sudah terbentuk di hampir seluruh provinsi di Indonesia. Secara struktur organisasi, Praka mirip dengan partai tapi bukan partai. Kemiripan ini karena sebagian pengurus Praka terafiliasi dengan partai politik.

“Target kami Praka ini tidak hanya terbentuk di Indonesia saja. Bahkan, saat ini Praka sudah terbentuk di Singapura dan Jerman. Dalam waktu dekat juga akan terbentuk Praka di Australia dan Amerika,” kata Osco.

Ketua Praka Kepri, Yoni Fathoni, berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya untuk memimpin organisasi ini.

“Semoga saya bisa amanah dalam menjalankan dan membesarkan Praka di Provinsi Kepri," kata Yoni.

Lebih lanjut dia mengatakan, langkah awal yang akan dilakukannya ialah melakukan konsolidasi untuk pembentukan pengurus di seluruh kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Kepri.

Kemudian, setelah pengurus di tujuh kabupaten dan kota terbentuk, pihaknya akan menyamakan persepsi untuk fokus kepada kemenangan Prabowo-Gibran di Provinsi Kepri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini